CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Teknik Dekoratif Untuk Keindahan Dinding

Tampilan dinding yang berdeda dari biasanya dapat Anda ciptakan lewat kreasi cat dinding yang diaplikasikan menggunakan teknik tertentu. Misalnya, memunculkan tekstur atau motif-motif yang sesuai keinginan.

Untuk membuat dinding terlihat lebih menarik serta trendi, Anda bisa mencoba langkah pengecatan teknik dekoratif. Cara pengerjaannya tak sesulit yang Anda bayangkan, alat yang digunakan pun sangat sederhana diantaranya yaitu:

· Kain, digunakan pada teknik pengecatan dekoratif yang berfungsi untuk menghasilkan tekstur dengan berbagai pola. Caranya adalah kain ditutul-tutulkan pada lapisan cat dasar. Atau Anda dapat membuat pola-pola yang lebih teratur dengan cara menggulung-gulung kain secara vertikal pada cat. Ingat, gunakan cat dasar yang memiliki warna lebih muda daripada cat yang melapisinya untuk mendapatkan pola-pola yang menarik.

· Busa, busa digunakan dengan cara menekan-nekan permukaan dinding setelah busa dicelupkan pada cat. Bila menggunakan dua atau lebih warna sebagai pelapis, teknik ini akan menghasilkan efek yang lebih menarik. Pola-pola bergelombang silang menyilang, Vertikal maupun diagonal dapat diperoleh dengan menggunakan kuas besar kering yang berfungsi melembutkan dan menghapus sebagian cat sehingga warna cat dasar akan terlihat.

· Kuas besar, kuas besar digunakan bila Anda ingin memunculkan efek serat kayu. Cat yang Anda perlukan pada teknik ini adalah jenis cat transparan sebagai lapisan kedua. Gunakan jenis cat yang sama untuk setiap pola yang dikehendaki. Bila menggunakan cat emulsi sebagai lapis dasar, Anda harus mengkombinasikan dengan cat emulsi. Jika Anda mengunakan cat minyak, gunakan pula cat minyak sebagai pasangannya.

Untuk pengecatan teknik dekoratif, selain menggunakan alat-alat tersebut, Anda juga memerlukan dua lapis cat dengan warna yang berbeda untuk hasil yang maksimal. Cat lapis pertama difungsikan sebagai warna dasar dan cat lapis kedua digunakan untuk membuat atau membentuk pola yang diinginkan. Ingat,  menciptakan pola hanya bisa Anda lakukan saat cat masih dalam keadaan basah.

Add comment


Security code
Refresh