CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Tips Langkah-Langkah Pengecatan

Mengaplikasikan cat merupakan langkah paling mudah untuk menciptakan kesan keindahan pada interior sebuah rumah. Sehingga, bagi Anda yang ingin membuat interior hunian tampil lebih menarik, Anda bisa ubah warna interior menggunakan cat.

Namun, yang perlu diingat adalah, pekerjaan cat yang baik membutuhkan persiapan yang tepat, alat dan teknik. Mengerjakan cat dengan buru-buru mungkin akan mengakibatkan kekecewaan.Berikut langkah-langkah pengecatan yang harus Anda perhatikan:

Persiapan

Persiapan adalah salah satu elemen kunci dalam pekerjaan cat yang baik. Pengecatan membutuhkan permukaan tembok yang bersih, permukaan yang halus sehingga bisa menyebar rata dan menempel dengan baik.

· Bersihkan semua dinding yang akan di cat.

· Ratakan jika ada bagian yang terkelupas besar di mana cat besar dihapus, tetapi pastikan dengan menghaluskannya menggunakan amplas atau lap kain sebelum mengecat.

· Jika ada lubang cukup besar di permukaan, perbaiki terlebih dahulu bisa menggunakansemensebelum memulai pengecatan.

· Ketika Anda siap untuk mengecat, gunakan alas untuk menutupi semua permukaan di dalam ruangan yang tidak dicat.

 

Teknik Pengecatan

· Sebelum mengaplikasikan cat akhir, ada baiknya terlebih dahulu Anda beri lapisan cat dasar (alkali resisiting primer) pada permukaan dinding yang akan dicat.

· Gunakan sapuan vertikal panjang ketika mengecat dengan kuas. Karena, sapuan horizontal cenderung akan memboroskan cat dan lebih sulit untuk mengontrolnya.

· Jika Anda menggunakan rol cat, gulungkan dalam cat dan kemudian lakukan sapuan ke atas dan ke bawah beberapa kali pada bagian miring dari tempat cat untuk mengurangi cat berlebih.

· Cat bentuk "W" dengan roller, bergerak horizontal sepanjang dinding, dan kemudian mengisi "W" dengan sisa cat pada roller.

· Berikan cat lagi pada roller dan kerjakan secara horizontal di dinding dengan cara ini.

· Ketika Anda selesai mengecat, lihat pada kemasancat untuk petunjuk membersihkan kuas. Cat lateks dapat dihilangkan dengan air, sementara cat berbasis minyak membutuhkan pengencer cat atau pelarut lainnya.

Selamat mengecat !!!

 

Add comment


Security code
Refresh