CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Untuk Hasil Pengecatan Yang Sempurna

Memunculkan kesan menarik pada dinding interior lewat aplikasi cat merupakan kegiatan yang tak terlalu sulit. Anda bisa melakukannya sendiri dan mampu memperoleh hasil maksimal asal teknik aplikasi yang dilakukan sesuai atau tepat.

Berikut ini beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan agar hasil pengecatan sempurna. Apa saja? Lihat di bawah ini yuk!!!

Cat dasar, untuk hasil terbaik pada dinding rumah, usahakan selalu memberi lapisancat primer (alkali resisting primer) terlebih dahulu sebelum menyapukan cat akhir. Pilihlah cat primer yang jenis bahan bakunya sesuai dengan jenis bahan baku cat tembok pilihan Anda, misalnya cat lateks dengan cat primernya berbahan lateks juga.

Cat tembok, pilihlah tingkat kilap cat sesuai fungsi ruanganyang akan dicat. Ada empat jenis cat yang dapat digunakan dalam pengecatan yaitu flat, eggshell / satin, semi gloss dan gloss.

- Jenis cat flat tidak berkilau sehingga sangat cocok untuk menyembunyikan cacat pada dinding, namun jenis ini tidak tahan goresan sehingga lebih sesuai digunakan pada pengecatan plafond serta dinding yang jarang terkena sentuhan apapun.

Berikutnya adalah jenis eggshell / satin memiliki kemilau yang sangat tipis, lebih baik dalam menyembunyikan cacat pada dinding sedangkan jenis semi gloss memiliki tingkat kemilau yang cukup bagus serta lebih tahan terhadap goresan, sangat cocok jika diaplikasikan pada lorong dan dinding kamar tidur.

Jenis terakhir adalah gloss yang sangat berkilau, daya tahan terhadap goresan juga sangat bagus. Pilihlah jenis gloss untuk kamar mandi, kamar tidur anak, dapur serta tempat lain yang rentan terhadap kotoran serta sidik jari tangan. Namun perlu hati-hati karena jenis gloss juga akan dengan mudah memperlihatkan cacat pada dinding yang tidak rata.

Alat aplikasi, gunakanlah roller cat berbahan plastik agar tahan lama. Begitu juga jenis kuas sebaiknya gunakan kuas yang sesuai dengan peruntukkannya. Seperti kuas sintetis dari nilon atau polyester bulu sangat cocok untuk cat lateks atau cat berbasis air, sedangkan kuas berbahan baku bulu sapi lebih cocok untuk cat berbasis minyak.

Teknik aplikasi, lakukan pola pengecatan seperti menuliskan huruf “W” pada dinding. Fungsinya adalah agar cat lebih merata dan tidak ada bagian yang terlalu tebal ataupun tipis. Jika menggunakan lebih dari satu galon cat, tuangkan semua galon ke dalam satu ember atau wadah dan aduk rata, sehingga didapatkan warna cat yang seragam. Ada baiknya dalam mengaplikasikan cat Anda mengikuti instruksi yang tertera pada kemasan kaleng.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, Anda bisa memperoleh hasil pengecatan sesuai keinginan.

Add comment


Security code
Refresh