CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Persiapan Permukaan Untuk Hasil Pengecatan Yang Sempurna

Salah satu faktor untuk memperoleh hasil pengecatan yang maksimal adalah persiapan permukaan / media yang akan dicat seperti tembok. Karena permukaan yang belum siap misalnya plesteran dan acian belum mengering sempurna akan menimbulkan masalah pengecatan dikemudian hari.

Nah, agar tembok benar-benar siap untuk dicat, Anda harus memperhatikan beberapa persiapan berikut ini:

Pemasangan batu bata yang tepat, pastikan bata terpasang dengan benar seperti rapi, lurus dari kiri ke kanan dan lurus dari bawah ke atas serta tidak bergelombang. Hal ini akan mempermudah Anda saat akan mengaplikasikan plesteran. Selain itu, batu bata harus dipasang dalam sloof secara baik dan kuat.

Aplikasikan plesteran dengan baik, plesteran adalah proses yang dilakukan dalam pekerjaan konstruksi yang meliputi pekerjaan penempatan bahan adukan perekat terhadap suatu bidang kasar yang tujuannya agar permukaan menjadi rata. Bahan plesteran yang umum digunakan adalah semen dan pasir, pastikan komposisi adukan plesteran tepat. Komposisi yang sering dipakai adalah  1 semen : 3 pasir, 1 semen : 4 pasir dan pemakaian 1 semen : 5 pasir.

Aplikasi acian yang benar, pada acian tradisional, yang digunakan untuk bahan acian adalah semen. Untuk adukan acian tentu saja dibutuhkan air sehingga acian dapat merekat pada tembok. Untuk campuran tembok / beton, pemakaian air harus ditentukan dari kualitas tembok yang ingin dicapai.

Kuantitas air harus dihitung dari perbandingan antara berat air dan berat semen atau dikenal dengan istilah Faktor Air Semen (FAS). Komposisi air dan semen yang ideal jika FAS berkisar antara 0,4–0,6. Semakin tinggi nilai FAS maka adukan beton semakin encer. Umumnya untuk mendapatkan kualitas tembok / beton yang tinggi, nilai FAS-nya harus rendah.

Untuk Anda yang ingin lebih efisien serta mudah dalam mengaplikasikan acian, saat ini sudah tersedia banyak acian / semen instan di pasaran. Salah satunya yaitu produk PRIMAFIX SKIM COAT WHITE BASED dan PRIMAFIX SKIM COAT GREY BASED, Anda bisa gunakan produk tersebut untuk menggantikan acian tradisional. Karena, selain praktis, proses pengeringannya pun lebih cepat yaitu 5-10 hari. Hal ini berbeda dengan acian tradisional yang membutuhkan waktu pengeringan selama 28 hari.

Mengaplikasikan cat tembok

Setelah permukaan tembok atau acian kering sempurna, Anda sudah siap untuk melakukan pengecatan. Namun, terlebih dahulu Anda harus bersihkan permukaan tembok dari kotoran serta debu. Jangan lupa, beri lapisan cat dasar (alkali resisting primer) untuk hasil yang sempurna dan pastikan teknik aplikasi yang Anda lakukan tepat.

Selamat mengecat tembok rumah !!!

Add comment


Security code
Refresh