CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Tips Mengecat Dinding Rumah

Mengecat dinding rumah adalah pekerjaan yang tidak terlalu sulit, banyak orang bisa melakukannya. Namun, jika ingin mendapat hasil pengecatan yang memuaskan ada aturan cara mengecat yang tepat yang harus dilaksanakan.

tips mengecat dinding

Hal pertama yang harus dilakukan adalah bersihkan permukaan dinding yang akan dicat, tujuannya untuk menghilangkan kotoran, debu, dan minyak atau lemak yang menempel, gunakan spons selulosa besar dan air yang dicampur dengan beberapa tetes cairan pencuci minyak yang ringan seperti pencuci piring. Jika cat lama sudah mengelupas sebaiknya dikerik terlebih dahulu, Bereskan ruangan yang dindingnya akan dicat, tutup semua barang yang ada dengan Koran atau plastik agar tidak terkena noda cat. Siapkan peralatan cat seperti kuas, roller, mengecat dengan roller berbahan spons akan menghasilkan pulasan cat yang lebih rata.

Untuk memulai melakukan pengecatan sebaiknya dinding sedikit dibasahi dengan air, kemudian dilap dan lakukan pengecatan tipis atau cat dasar yang merata pada seluruh permukaan dinding yang akan dicat. Gunakan roller berukuran besar untuk mengecat dinding dengan permukaan yang luas agar proses pengecatan bisa lebih cepat. Sedangkan pada bagian sudut-sudut dinding gunakan kuas. Setelah cat dasar kering. Kini saatnya menggunakan cat dinding. Untuk gerakan pertama, lapisi roller dengan sedikit cat, lalu buatlah bentuk W dengan panjang dan lebar sekitar 1 meter. Kemudian mengecatlah dengan mengambil satu arah mengikuti W tersebut untuk melapisi semua bagaian dinding tanpa mengangkat roller. Tambahkan cat seperlunya.

Setelah proses pengecatan selesai, untuk mendapatkan hasil akhir terbaik untuk permukaan dinding berikanlah waktu pengeringan secukupnya. Jangan lupa segera bersihkan cat yang terciprat ke lantai atau kusen dan bukalah penutup penutup Koran yang digunakan untuk melindungi barang-barang dari noda cat dan wilayah yang tidak diinginkan untuk dicat. Bukalah pintu agar bau cat segera hilang.

 

Add comment


Security code
Refresh