CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Ubah Warna Jadi Suasana Baru

ubah warna jadi suasana baruHal yang paling mudah dilakukan untuk merubah suasana rumah adalah dengan mengganti atau merenovasi warna cat dinding rumah. Untuk mendapatkan hasil terbaik dari proses pengecatan, kita tidak harus membutuhkan keahlian khusus melainkan hanya perlu pemahaman mengenai jenis cat dan bagaimana teknik pengecatan.

Umumnya jenis cat terbagi dalam kategori minyak dan air, cat minyak biasanya berkesan mengkilat jika kering dan larut jika terkena spirtus putih, sedangkan cat berbahan air akan larut dengan air, serta dapat memberi hasil mengkilap tapi juga tidak disaat kering. Selain itu ada juga cat yang memiliki bahan tambahan seperti vynil, acrylic atau polyurethane dengan tujuan untuk memberikan kesan lebih tebal dan juga lebih tahan lama.

Sedangkan untuk teknik pengecatan yang harus diperhatikan mempersiapkan permukaan tembok yang akan dicat antara lain:

Permukaan Tembok Baru

Yang dimaksud dengan permukaan tembok baru adalah permukaan tembok yang masih belum pernah dilapisi cat/ plamir dan baru selesai dibangun. Pada permukaan tembok jenis ini perlu diperhatikan tingkat kekeringan baik dari air (H2O) maupun dari kapur (CaO) dan semen, apakah sudah bereaksi sempurna membentuk garam netral (CaCO3) proses ini biasanya memerlukan waktu sekitar 28 hari.

Keadaan tersebut dapat dikontrol dengan mengukur PH permukaan dinding dengan kertas lakmus; persyaratan tembok yang siap dicat PH nya sekitar 8-9. Untuk menetralisir alkali tembok yang berlebihan biasanya digunakan wall sealler sebagai cat dasar. Kelembaban permukaan tembok juga perlu diperhatikan, kelembaban yang memenuhi syarat siap dicat adalah 18%.

ubah warna jadi suasana baru

Permukaan Tembok Lama

Periksa terlebih dahulu apakah ada sisa cat/plamir lama yang terkelupas atau menggelembung, adakah retak rambut pada permukaannya? Bersihkan permukaan dari sisa-sisa cat yang mengelupas/ menggelembung atau rusak dan juga dari lumut dan jamur, periksa kualitas cat dasar atau plamir apakah masih melekat kuat pada permukaan tembok? Bila kualitas plamir juga kurang memenuhi syarat maka harus di scrap atau diamplas.

Plamir Tembok

Sebenarnya fungsi plamir tembok hanya sebagai media/lapisan untuk membantu membuat permukaan dinding tampak lebih rata dan lebih halus, tidak ada kegunaan lainnya. Untuk bidang eksterior sebaiknya kita tidak menggunakan plamir apalagi produk yang kurang jelas spesifikasinya, karena plamir ini malah akan menjadi penyebab terjadinya gelembung pada lapisan cat. Plamir tembok diperlukan untuk menutup retak rambut, atau memperhalus permukaan tembok yang kurang rata. Setelah permukaan diplamir haluskan dengan kertas gosok.

Hasil akhir dari proses pengecatan tidak hanya ditentukan oleh kualitas cat dan teknik aplikasinya tetapi juga penggunaan kuas dan roller yang tepat menjadi salah satu penentu hasil dari pengecatan.

 

Add comment


Security code
Refresh