CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Mengecat Di Akhir Pekan

Hasil dari proses pengecatan tidak hanya disebabkan oleh kualitas cat yang buruk tetapi juga teknik aplikasi yang kurang baik. Mengecat bukanlah sesuatu yang sulit jika anda mengetahui bagaimana tahap-tahap pengecatan yang tepat.

Jika hanya ingin mengganti warna dinding kamar tidur, anda dapat melakukannya sendiri tanpa membutuhkan bantuan seorang tukang. Manfaatkanlah waktu luang di akhir pekan. Oleh karena itu berikut akan disajikan teaha-tahap pengecatan yang penting untuk anda ketahui.

mengecat

Mengecat Dinding Baru:             

  • Urutkan pengecatan mulai dari langit-langit (plafond), dinding, pintu, dan jendela.
  • Pastikan dinding plesteran kering sebelum melakukan pengecatan.
  • Bersihkan dinding terlebih dahulu sebelum dicat. Lap dinding plesteran dengan kain basah, jika terdapat noda minyak bersihkan dengan deterjen.
  • Lapisi dinding plesteran yang sudah kering dengan cat dasar, untuk dinding baru biasanya berwarna putih lalu biarkan sampai kering sekitar 2 jam.
  • Kemudian yang terakhir anda bisa mulai mengecat dengan warna-warna yang anda suka. Berikan cat 2-3 lapis pada dinding yang sudah dicat dasar. Ingat, perhatikan aturan pengenceran cat yang tertera pada kaleng cat.

Mengecat Dinding Lama:        

  • Bersihkan dinding dari kotoran, debu, dan minyak. Sebelumnya periksalah apakah cat pada dinding lama tersebut masih bagus atau sudah tidak layak untuk dicat ulang, jika sudah tidak layak maka dinding tersebut harus dikerok dengan amplas atau sikat kemudian bersihkan dengan air.
  • Jangan lupa berikan lapisan cat dasar khusus untuk melakukan pengecatan ulang tujuannya untuk membentu perekatan.
  • Setelah itu anda bisa mulai mengecat, beri 2-3 lapisan cat dengan rentang waktu sekitar 2 jam antara lapisan pertama dengan lapisan kedua (untuk cat water based) dan 6 jam (untuk cat oil based).

Tidak terlalu sulit bukan? Anda dan keluarga dapat melakukannya di akhir pekan.

 

Add comment


Security code
Refresh