CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Mengecat Di Musim Hujan

 

Merenovasi rumah pada saat musim hujan dengan langkah pengecatan ulang memang bukan hal yang mudah. Karena hujan bisa membuat proses renovasi atau pengecatan ulang menjadi lebih lambat serta hasil akhirnya kurang maksimal.

alt

Sehingga, jika Anda merenovasi rumah dengan pengecatan ulang di musim hujan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yang berkaitan dengan lama proses pengerjaan yaitu:

  • Hujan membuat udara menjadi lebih lembap. Kandungan air pada udara cenderung lebih tinggi daripada saat musim kemarau. Begitu pula temperatur, cenderung lebih turun.
  • Kondisi udara ini berpengaruh terhadap proses pengeringan cat. Prosesnya jadi lebih lama, sehingga proses penyelesaian pengecatan seluruh dinding pun menjadi lebih lama.
  • Program renovasi ringan dapat saja dilakukan. Misalnya: mengecat ulang dinding interior atau eksterior rumah.
  • Untuk pengecatan dinding interior mungkin tidak akan mengalami masalah, seperti pada dinding eksterior. Tapi bukan berarti mudah juga.
  • Dalam proses pengecatan, setiap lapisannya, mulai dari cat dasar hingga lapisan akhir haruslah diaplikasikan setiap kali lapisan sebelumnya sudah benar-benar kering.
  • Tapi keadaan dinding yang lembap, ditambah cat yang belum kering sepenuhnya, bisa menimbulkan masalah di kemudian hari. Kandungan air di dalam dinding bisa muncul ke permukaan membentuk noda yang sulit dihilangkan. Noda juga bisa muncul karena jamur yang tumbuh. Kalau sudah begitu, penyelesaiannya lebih rumit.

 

Dalam keadaan hujan, suhu menurun dan lembap, pengeringan cat menjadi sangat lama. Akhirnya, proses pengecatan tidak berjalan maksimal dan cepat.Nah, Anda perlu pertimbangkan hal tersebut ketika akan mengecat ulang di musim hujan.

Add comment


Security code
Refresh