CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Yang Harus Dilakukan Sebelum Mengecat

sebelum mengecatKebanyakan orang menganggap mengecat adalah suatu pekerjaan yang mudah, umumnya orang tahu bagaimana mengecat sebuah permukaan tembok. Namun, hal tersebut tidak segampang apa yang dibayangkan. Kegiatan mengecat memiliki aturan tersendiri yang harus dilaksanakan untuk mendapatkan hasil akhir yang sesuai dengan keinginan.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memulai mengecat:

Memilih cat

Biasanya cat yang memiliki harga yang mahal akan mempunyai kualitas yang bagus, semakin terkenal mereknya, maka hasil yang diperoleh akan semakin maksimal. Sebelum Anda mengecat sebaiknya Anda tentukan dulu jenis cat yang akan digunakan. Apakah untuk mengecat interior atau eksterior. Pilihlah produk cat yang transparan, membaca keterangan/aturan pemakaian juga merupakan hal yang penting, tetapi terkadang ada produk cat yang tidak transparan dengan tidak mencantumkan data teknis produk pada kemasannya. Biasanya cat dengan kualitas bagus diproduksi oleh perusahaaan yang dapat dipercaya.

Selain itu, yang perlu Anda pertimbangkan juga adalah pemilihan warna cat yang sesuai dengan selera. Pastikan Anda memilih warna yang tepat karena warna dapat mempengaruhi suasana hati seseorang. Misalnya, warna-warna lembut memberikan kesan sejuk dan terkesan lebih luas pada ruangan sedangkan warna-warna kuat seperti merah, oranye, coklat, dan hitam memberi nuansa hangat dan ruangan akan terkesan lebih sempit.

Bila Anda sudah tahu jenis cat yang akan digunakan dan warna cat yang akan dipilih, kini saatnya Anda menentukan berapa banyak cat yang diperlukan untuk sebuah ruangan. Biasanya dalam kemasan cat yang bagus akan mencantumkan daya sebar untuk setiap satuan cat pada sebuah permukaan. Sehingga jika Anda sudah tahu luas permukaan yang akan dicat maka anda dapat menentukan kebutuhan cat yang Anda perlukan.

Persiapan permukaan

Untuk permukaan lama, Periksa lapisan cat lama apakah masih kuat melekat atau tidak, untuk dapat mengetahuinya Anda kuaskan air pada permukaan cat lama, tunggu beberapa saat jika pada permukaan tersebut tampak ada gelembung-gelembung berarti Anda harus mengeroknya terlebih dahulu. Bersihkan permukaan dari sisa-sisa cat yang mengelupas/menggelembung atau rusak dan juga dari lumut dan jamur.

Sedangkan untuk mendapatkan hasil akhir yang maksimal pada permukaan tembok baru sebaiknya berikanlah waktu pengeringan yang cukup sebelum proses aplikasi, hal ini untuk menghindari tembok dari lembab yang dapat meyebabkan cat berjamur dan luntur. Permukaan tembok sebelum dicat atau diplamir, sebaiknya disiram air sebanyak mungkin dalam beberapa hari. Sebelum diplamir, terlebih dahulu lapisi tembok dengan wall sealer untuk menetralisasi PH semen agar sesuai dengan PH cat. Dengan wall sealer, cat tidak mudah mengelupas dan warna cat tidak akan berubah dari warna aslinya.  

Proses pengecatan

Jika semua langkah-langkah di atas telah Anda lakukan, sekarang Anda masuk ke langkah berikutnya yaitu proses aplikasi atau pengecatan. Baca dan ikuti petunjuk pengecatan yang tertera pada kemasan cat. Lakukan proses pengecatan mulai dari bidang teratas, misalnya langit-langit lalu turun ke bawah. Gunakan kuas untuk permukaan yang sempit dan tepi bidang. Sedangkan untuk permukaan yang luas Anda dapat menggunakan roller.

Add comment


Security code
Refresh