CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Agar Hasil Pengecatan Sempurna

Mengecat dinding rumah merupakan proses untuk menghasilkan suasana dan kesan tertentu pada sebuah rumah. Pengecatan termasuk kegiatan yang memakan waktu sehingga Anda pasti tidak ingin cat yang telah Anda aplikasikan pada dinding menghasilkan warna yang tidak sesuai dengan keinginan, apalagi mengecat juga membutuhkan biaya.

pengecatan sempurnaAgar apa yang telah Anda lakukan dalam pengecatan tidak sia-sia, berikut akan diberikan beberapa hal yang harus diperhatikan saat  melakukan pengecatan:

  • Kuas dan roller cat, sebaiknya Anda menggunakan roller dari bahan plastik karena tahan lama. Rol cat yang Anda pilih bergantung pada permukaan dinding. Seperti halnya kuas, bahan sintetis lebih cocok untuk cat berbasis air atau lateks, dan yang berbahan baku alami seperti bulu sapi lebih sesuai jika digunakan pada cat minyak. Sedangkan Jenis kuas yang digunakan tergantung pada cat yang Anda pilih. Kuas sintetis dari nilon atau polyester bulu sangat cocok untuk cat lateks atau cat berbasis air, sedangkan kuas berbahan baku bulu sapi lebih cocok untuk cat berbasis minyak.
  • Cat tembok, sebaiknya cat tembok disesuaikan dengan kegunaannya yaitu cat untuk eksterior atau interior. Selain itu Anda harus memperhatikan tingkat kemilau cat yang akan diaplikasi pada ruangan seperti  cat flat, eggshell/satin, semi gloss dan gloss. Jenis cat flat cocok untuk mengecat plafond (langit-langit), eggshell/satin memiliki kemilau yang sangat tipis, sangat cocok jika diaplikasikan pada lorong dan dinding kamar tidur. Jenis terakhir adalah gloss yang sangat berkilau, daya tahan terhadap goresan juga sangat bagus. Tetapi cat jenis gloss mudah memperlihatkan cacat pada dinding ynag tidak rata. Sesuai jika diterapkan untuk kamar mandi, kamar tidur anak, dan dapur.
  • Cat dasar, untuk hasil terbaik pada dinding rumah Anda, usahakan selalu melapisi dengan cat dasar terlebih dahulu. Pilihlah cat dasar yang jenis bahan bakunya sesuai dengan jenis bahan baku cat tembok pilihan Anda, misalnya cat lateks dengan cat dasar berbahan lateks juga. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat mencampurkan sedikit cat primer ke dalam cat pilihan Anda, hal ini juga akan membantu menghemat jumlah pemakaian cat saat Anda mulai mengecat dinding tempat tinggal Anda.Ikuti petunjuk dari pabrik yang tertera pada kemasan kaleng, termasuk tentang lamanya waktu cat akan kering.
  • Pengecatan, dalam proses pengectan teknik yang sebaiknya dilakukan adalah dengan menuliskan huruf “W”, tujuannya  agar cat lebih merata dan tidak ada bagian yang terlalu tebal ataupun tipis. Lakukan pengecatan dari arah atas ke arah bawah, gerak dari kanan ke kiri kemudian ulangi dari kiri ke kanan. Jika akan mengaplikasikan lapisan kedua sebaiknya Anda ikuti petunjuk yang ada pada kemasan cat.

Add comment


Security code
Refresh