CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Hadirkan Warna Di Rumah Dengan Cat Tembok

Bila Anda ingin membuat rumah Anda berwarna, ada cara paling mudah untuk meghadirkan warna dalam hunian yaitu melalui pengecatan baik eksterior maupun interior. Cat bermacam-macam jenisnya, Anda bisa menggunakannya berdasarkan kebutuhan.

Secara umum, jenis cat terbagi dua, yaitu water based (cat berbahan dasar air) dan solvent based (cat berbahan dasar minyak). Sifat cat water based antara lain ramah lingkungan, cepat kering, tidak terlalu berbau, dan memiliki warna yang bagus. Tetapi cat jenis ini tidak tahan terhadap noda dan tampilannya matt (tidak mengkilat).

Sedangkan jenis cat solvent based memiliki daya tahan lebih lama, memiliki tampilan mengkilat (glossy). Cocok bila diterapkan pada ruangan yang rentan ternoda, seperti dapur dan kamar mandi. tetapi waktu pengeringannya lebih lama dibandingkan dengan cat water based.

Teknik Mengecat tembok

Ketika Anda mengecat tembok rumah, Ada beberapa aturan yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Aturan dalam mengecat tembok diantaranya adalah:

  • Perhatikan jenis cat yang akan Anda beli. Eksterior atau Interior. Cat eksterior cenderung lebih mahal karena kadar akrilik yang tinggi sehingga tahan terhadap perubahan cuaca. Demikian juga dengan cat kayu atau cat besi, perhatikan jenisnya. Untuk cat-cat tertentu keringnya cukup lama sehingga sangat beresiko gagal karena tersenggol atau terkena debu.
  • Pilih jenis cat yang kualitasnya sudah jelas. Beberapa cat yang murah sulit diaplikasikan, berdaya tahan rendah dan tidak mampu menutupi permukaan dengan baik.
  • Belilah jumlah cat yang cukup agar hasilnya tidak belang, supaya hasilnya tidak kurang dan akhirnya malah menjadi belang.
  • Simpanlah sisa cat dengan benar, di dalam tempat yang tertutup rapat. Cadangan sisa cat ini dapat digunakan ketika terjadi kerusakan-kerusakan kecil pada warna dinding Anda, misalnya ketika mengelupas.
  • Selalu ratakan dan bersihkan permukaan dinding sebelum mengecat, agar hasil yang didapatkan maksimal dan lebih halus.
  • Gunakan kuas atau roller cat berkualitas baik. Selain hasilnya lebih memuaskan, jangka waktu pemakaiannya juga tahan lama.
  • Bersihkan peralatan cat yang telah anda pakai. Siapa tahu anda akan menggunakannya kembali, jangan ditunda. Jika cat sudah mengering pada alat anda, akan sulit dibersihkan sehingga terkadang anda harus membeli alat yang baru jika ingin mengecat lagi.

Add comment


Security code
Refresh