CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

5 Hal Yang Harus Anda Perhatikan Ketika Mengecat Rumah

Desain sebuah rumah tidak pernah lepas dari proses pengecatan. Cat biasanya diaplikasikan ketika sebuah rumah selesai dibangun karena kegiatan pengecatan adalah tahap akhir dalam mendesain rumah.

mengecat

Siapapun yang memiliki rumah pasti punya pengalaman dalam pengecatan misalnya cat yang diaplikasikan tidak sesuai dengan keinginan dan tidak memuaskan. Untuk memperoleh hasil yang sempurna kegiatan mengecat tidak harus dilakukan oleh tukang cat yang sudah ahli, Andapun bisa melakukannya sendiri asalkan Anda tahu cara dan tahapan pengecatan yang tepat.

Untuk itu, berikut akan diberikan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses pengecatan:

1.     Persiapan pengecatan

  • Tutup bidang dinding-dinding lain yang tidak akan dicat dengan isolasi kertas, untuk melindungi bagian tersebut dari cat yang terciprat pada saat proses pengecatan.
  • Gunakan ember cat yang bersih untuk mengukur banyaknya cat yang akan Anda gunakan.
  • Bersihkan permukaan dinding yang akan dicat dari debu dan kotoran.
  • Jika perlu lakukan pengamplasan supaya cat baru dapat kuat melekat.
  • Jika Anda memperkirakan bakal menggunakan 2 kaleng cat dalam satu bidang, ada baiknya Anda mencampurkan isi 2 kaleng cat tersebut dalam satu wadah besar. Hal ini mencegah hasil aplikasi cat menjadi belang, jika Anda melakukan pengecatan dari 2 wadah terpisah.

2.     Teknik Pengecatan

Mulailah pengecatan dari sudut bidang dinding, kemudian lanjutkan kebidang tengah. Yang harus diingat adalah lakukan pengecatan dari area yang kering ke area basah yang telah Anda cat.

3.     Arah Pengecatan  

Lakukan arah pengecatan dengan arah yang sama untuk mendapatkan hasil pengecatan yang baik dan rata.Bila Anda memulai aplikasi dengan arah atas bawah, cobalah terus konsisten melakukan pengecatan dengan arah yang sama. Begitu pula bila, Anda telah memulai aplikasi dari arah kiri ke kanan, pertahankan arah pengecatan hingga seluruh bidang dinding penuh.

4.     Kuas

Gunakanlah paling tidak 2 jenis kuas. Atau jika Anda menggunakan roll cat, gunakanlah paling tidak 2 jenis roll cat. Ukuran yang lebih besar untuk bidang yang besar, dan ukuran kecil untuk bidang sudut.

5.     Roller Cat

Jika Anda menggunakan roller cat, ada beberapa jenis ketebalan roller cat dipasaran. Jika roller cat lebih tebal maka area penutupannya lebih luas. Gunakan pula bak cat untuk meratakan volume cat pada roller, agar cat dapat diaplikasikan dengan baik pada bidang.

Apabila proses pengecatan telah selesai, biarkan cat mengering dengan sendirinya. Segera bersihkan peralatan yang telah Anda pakai agar alat-alat tersebut dapat Anda gunakan kembali ketika akan melakukan pengecatan di kemudian hari.

Bila Anda mengecat bagian interior maka gunakan cat khusus untuk interior. Sebaliknya jika Anda akan mengecat bagian eksterior, lantas pilihlah jenis cat untuk eksterior.

Add comment


Security code
Refresh