CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Kecantikan Batu Alam Untuk Kolam dan Taman

Saat ini batu alam adalah salah satu ornamen rumah yang menjadi favorit, biasanya dijadikan sebagai hiasan untuk kolam dan taman. Agar tampilan batu tampak menarik dan tahan lama Anda harus rajin merawatnya. Sehingga meskipun telah berusia tahunan batu tidak rusak akibat jamur dan lumut.

batu alam

Anda dapat mencegah tumbuhnya jamur dan lumut pada permukaan batu dengan cara memberi lapisan cat (coating) yang tepat. Cat yang digunakan untuk melindungi batu adalah cat khusus batu yang terdiri dari 2 jenis yaitu:

  • Clear coating, adalah cat yang fungsinya untuk membentuk lapisan film di atas permukaan batu. Dengan jenis cat ini batu akan tampak lebih lebih indah, bersih, dan menonjolkan guratan batu, serta menampilkan kesan basah.
  • Invisible water repellent adalah coating yang tidak membuat lapisan film di atas permukaan batu, bersifat menolak air, dan membuat batu tetap terlihat alami.

Sedangkan untuk tampilan kilapnya juga terdapat 2 jenis sebagai berikut:

  • Doff (melapisi tanpa mengubah warna batu dan melindungi warnanya tetap alami)
  • Gloss (mempertajam warna asli batu).

Ketika Anda akan melapisi batu alam dengan cat sebaiknya Anda hilangkan terlebih dahulu kotoran dan debu yang menempel pada batu. Anda dapat menyemprotkan air atau menyikat permukaan batu tersebut. Kemudian biarkan hingga benar-benar kering, setelah itu Anda bisa mengaplikasikan cat pada permukaan batu.

Untuk batu alam yang dipasang pada kolam, sering kali masih tampak berlumut walaupun sudah diberikan coating yang tepat. Hal ini disebabkan oleh kondisi batu yang lembab karena adanya rembesan air yang masuk melalui kolam tersebut. Untuk pencegahannya, dinding kolam tersebut harus diberikan waterproofing sehingga tidak ada kebocoran pada dinding kolam.

Dengan demikian batu alam tetap cantik dan sedap dipandang mata.

Add comment


Security code
Refresh