CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Persiapan Permukaan Tembok Sebelum Aplikasi

Pada saat mengecat, untuk hasil yang maksimal perlu memperhatikan beberapa hal salah satunya adalah teknik pengecatan. Seperti mempersiapkan permukaan tembok yang akan dicat antara lain:

 

 

Permukaan tembok baru

Yang dimaksud dengan permukaan tembok baru adalah permukaan tembok yang masih belum pernah dilapisi cat/plamir dan baru selesai dibangun. Pada permukaan tembok jenis ini perlu diperhatikan tingkat kekeringan baik dari air (H2O) maupun dari kapur (CaO) dan semen, apakah sudah bereaksi sempurna membentuk garam netral (CaCO3) proses ini biasanya memerlukan waktu sekitar 28 hari.

Keadaan tersebut dapat dikontrol dengan mengukur PH permukaan dinding dengan kertas lakmus. Persyaratan tembok yang siap dicat PH nya sekitar 8-9. Untuk menetralisir alkali tembok yang berlebihan biasanya digunakan wall sealler sebagai cat dasar. Kelembaban permukaan tembok juga perlu diperhatikan, kelembaban yang memenuhi syarat siap dicat adalah 18%.

 

Permukaan tembok lama

Periksa terlebih dahulu apakah ada sisa cat/plamir lama yang terkelupas atau menggelembung, adakah retak rambut pada permukaannya? Bersihkan permukaan dari sisa-sisa cat yang mengelupas/ menggelembung atau rusak dan juga dari lumut dan jamur, periksa kualitas cat dasar atau plamir apakah masih melekat kuat pada permukaan tembok? Bila kualitas plamir juga kurang memenuhi syarat maka harus di scrap atau diamplas.

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh