CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Tips Menghasilkan Pengecatan Tembok yang Maksimal

Berikut adalah beberapa tip untuk menghasilkan pengecatan yang maksimal.

 

Tips pengecatan tembok yang maksimal

 

Gunakan peralatan yang berkualitas

Hasil berkualitas tentu hanya bisa dihasilkan dengan dukungan perlengkapan yang bermutu tinggi pula. Tidak ada hasil pengecatan sempurna yang dihasilkan dengan perlengkapan jelek yang kasar membuat cat menggumpal di alat tersebut. Selisih harga peralatan mengecat seperti roller maupun kuas tidaklah jauh. Jadi, lebih baik membeli yang sudah berkualitas tapi nanti tidak akan kecewa dengan hasilnya.

 

Persiapan yang matang

Sebelum dicat, dinding harus dipersiakpkan terlebih dahulu. Pengecatan tanpa persiapan dinding hanya akan membuang tenaga dan cat yang sudah dibeli karena nantinya bisa mengelupas. Dinding harus dibersihkan terlebih dahulu. Bersihkan dari semua debu dan kotoran dengan sikat dan kain lap. Bila perlu, amplas agar lapisan catnya mengelupas.

Jika ada bagian yang berlubang, retak, atau tidak rata, lapisi dulu dengan acian atau plamir yang sesuai. Gunakan primer coat atau cat dasar, untuk merekatkan cat finish ke dinding dan menghemat pemakaian cat akhir nantinya.

 

Cat bagian pinggir lebih dahulu

Bagian pinggir yang berukir, seperti di area masuk dan pembatas antara langit-langit dengan dinding ruangan, adalah bagian yang perlu dicat lebih dahulu. Mengecat bagian pinggiran dulu akan membuat warnanya tampak lebih rapi. Meskipun ada roller yang khusus untuk mengecat bagian sempit, tetap disarankan untuk menggunakan kuas kecil, agar hasilnya lebih rapi, terutama untuk bagian yang berukir/melekuk. Setelah bagian tersebut kering sempurna, barulah lapisi dengan tape lalu cat seluruh dinding.

 

Mengecat per area

Anda tentu ingin pengecatan selesai secepatnya sebelum cat yang diaplikasikan di awal mengering bukan? Untuk itu, pengecatan harus dilakukan dengan cepat dan cermat, untuk menghasilkan permukaan yang halus dengan warna merata. Caranya, cat bagian pinggir yang berbatasan dengan trim/kusen lebih dahulu menggunakan kuas. Lalu cat area yang lebih sempit. Baru kemudian selesaikan sisanya, area yang lebar, dengan roller gagang panjang. Setelah 2 jam, cat kembali untuk lapisan ke-2 dengan roller.

 

Jaga agar tepian tetap kering

Karena pengecatan dilakukan per area, pastikan area yang dicat terlebih dahulu tetap dalam keadaan basah, terutama bagian tepinya. Jika tidak, maka akan meninggalkan bekas garis-garis vertikal dan terlihat warnanya tidak merata.

Cat tembok yang berwarna vibran, bold, dan gelap lebih sulit diaplikasikan daripada warna-warna pastel dan warna putih. Karenanya, hati-hatilah dalam memilih warna cat. 

 

 

 

Cat Tembok Sanlex Wonder

 

 
 

Add comment


Security code
Refresh