CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Warna Tenang Untuk Kesan Nyaman dan Membantu Penyembuhan Pasien

Warna-warna yang ada dalam kehidupan kita sehari-hari dapat memunculkan perasaan-perasaan tertentu. Yang nantinya bisa mempengaruhi psikologi, pikiran atau perilaku seseorang. Misalnya, warna biru memberikan kesan tenang dan sejuk.

Ya, banyak penelitian telah menunjukkan bahwa warna memiliki efek yang mempengaruhi seseorang. Begitu pula warna dalam desain arsitektur memiliki dampak pada persepsi orang dan memberikan kesan yang berpengaruh terhadap lingkungan di sekitarnya. Hal ini berlaku juga pada desain rumah sakit khususnya pada interior ruang rawat inap.

Aplikasi warna pada ruang rawat inap sebuah rumah sakit mampu memberikan efek tertentu yang mempengaruhi perasaan pasien. Seperti memiliki kesan pada tingkat pemulihan atau penyembuhan pasien dan meningkatkan kualitas serta pengalaman keseluruhan pasien.  Umumnya, pada rumah sakit, warna-warna yang diterapkan adalah kelompok warna yang mampu memunculkan kesan tenang, memiliki nuansa dingin, dan membuat pasien merasa nyaman. Sehingga dapat sekaligus menjadi terapi untuk membantu proses penyembuhan.

Selain itu, warna-warna berkarakter tenang dan dingin juga akan membuat pasien lebih rileks serta dapat istirahat/tidur dengan nyenyak. Warna yang digunakan misalnya warna abu-abu muda, warna ini memberikan kesan segar sekaligus stabil. Abu-abu akan semakin membuat pikiran pasien fresh saat dikombinasi dengan warna putih. Atau dapat pula menghadirkan warna coklat sehingga kamar rawat inap tersebut terlihat lebih nyaman dan terkesan seimbang.

Warna abu-abu muda bisa menjadi warna dasar yang digunakan untuk membingkai elemen dinding. Warna ini dapat diaplikasikan pada seluruh bagian dinding. Warna senada juga dapat kembali diterapkan pada tempat tidur yang berpadu dengan sprei dan sarung bantal warna putih. Suasana yang tercipta membawa atmosfir kesegaran, kamar terlihat lebih rapi, bersih serta lapang. Kemudian, hadirkan warna coklat misalnya pada lantai, pintu, furnitur lemari, dan meja konsol. 

Kamar rawat inap tampil nyaman dan membuat pasien merasa tenang.  

Add comment


Security code
Refresh