CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Bangunan Unik Perpustakaan Soeman HS

Perpustakaan daerah SOEMAN HS adalah bangunan yang terletak di Riau dan merupakan perpustakaan dengan desain yang paling unik  di Indonesia. Perpustakaan Soeman HS dibangun menyerupai  bentuk buku.

 

 

Nama perpustakaan yang diresmikan oleh Wakil presiden Yusuf Kalla dan Gubernur Riau H Wan Abu Bakar pada tahun 2008 lalu ini, diambil dari tokoh sastrawan nasional Angkatan Pujangga Baru Riau yang begitu fenomenal di kalangan masyarakat, bapak Soeman Hs. Perpustakaan ini menggunakan konsep transformasi arsitektur modern.

Hal tersebut terlihat dari bentuk lengkungan yang menyerupai sebuah buku tebal yang terbuka jika dilihat dari atas gedung. Konstruksi yang digunakan dalam pembuatan bangunan ini menggunakan baja konstruksi, ini dapat dilihat dari pilar-pilar yang melengkung pada bagian atap bangunan.

Gedung ini memiliki tampilan mewah berarsitektur modern tropis dan menyerupai buku terbuka atau rehal (bangku kecil untuk alas membaca Al Quran), memiliki daya tampung setiap lantainya sebanyak 1.000 pengunjung. Arsitektur perpustakaan ini memadukan antara arsitektur khas budaya melayu dan modern.

Perpustakaan ini mempunyai fasilitas yang lengkap mulai dari public library, children library, student library, educational room, auditorium, bilik budaya melayu, atrium, meeting room, discussion room, audio visual room, CCTV, internet room, wifi disetiap ruangan, musholla, cafe, kantin, dan sampai toiletnya pun ala hotel bintang lima.

 

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh