CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Uniknya Gedung Perpustakaan UI

Perpustakaan pusat UI merupakan gedung perpustakaan dengan desain yang unik.  Perpustakaan ini mengusung filosofi Crystal of Knowledge, dan dibangun dengan konsep green campus. Bentuk bangunannya berorientasi pada pemanfatan lahan hijau sebagai penopang kokoh di sekeliling gedung. 

 

 

Sistem pendinginnya menggunakan water cooled chiller yang ramah lingkungan dan anti ozone. Perpustakaan pusat UI masuk ke dalam salah satu gedung perpustakaan unik di dunia. Luasnya 2,5 hektar perpustakaan ini memiliki 7 lantai. Perpustakaan ini mulai dibangun semenjak Juni 2009. Perpustakaan ini memiliki 3-5 juta judul buku, dilengkapi ruang baca, 100 silent room bagi dosen dan mahasiswa, taman, restoran, bank, serta toko buku. 

 

 

Perpustakaan ini diperkirakan mampu menampung 10.000 pengunjung dalam waktu bersamaan atau 20.000 pengunjung per hari. Sebagian kebutuhan energi perpustakaan ini dipasok dari pembangkit listrik tenaga surya. Pembangunan gedung beserta pengadaan fasilitas perpustakaan ini menelan dana Rp 175 Milyar, dengan rincian Rp 123 Mliyar berasal dari anggaran pemerintah dan sisanya kerjasama dengan pihak swasta. UI sendiri menganggarkan Rp 12 M untuk perawatan dan pengadaan buku baru.

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh