CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Hotel Indonesia Penanda Kebangkitan Hotel Bintang Lima Di Asia Tenggara

hotel indonesia

Hotel Indonesia adalah hotel berbintang pertama yang dibangun di Jakarta, Indonesia. Hotel ini diresmikan pada tanggal 5 Agustus 1962 oleh Presiden RI Pertama, Soekarno untuk menyambut Asian Games IV tahun 1962.

Bangunan Hotel Indonesia dirancang oleh arsitek Abel Sorensen dan istrinya, Wendy, asal Amerika Serikat. Menempati lahan seluas 25.082 meter persegi, hotel ini mempunyai slogan A Dramatic Symbol of Free Nations Working Together.Hotel ini ditetapkan sebagai cagar budaya oleh Pemda DKI dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Gubernur DKI Jakarta No. 475 tanggal 29 Maret 1993. Saat ini Hotel Indonesia baru sudah selesai dalam tahap pemugaran.

Hotel Indonesia dikelola oleh grup Kempinski dan namanya disesuaikan menjadi Hotel Indonesia Kempinski, meski awalnya terjadi demonstrasi massa karena pergantian pengelolanya. Areal sekeliling Hotel Indonesia sekarang menjadi kompleks multi-guna dengan nama Grand Indonesia yang terdiri gedung perkantoran (Menara BCA dan Grand Indonesia Office tower), apartemen (Kempinski Residence), dan pusat perbelanjaan.

hotel indonesia

Hotel Indonesia Kempinski, terletak di pusat bisnis dan kawasan kedutaan, kemewahan hotel ini adalah tempat yang menyeimbangkan kecanggihan dan keanggunan. Langsung menghadap Air Mancur ikonik dan Patung Selamat datang, bangunan bersejarah ini sepenuhnya pulih menandai kebangkitan hotel bintang lima pertama di Asia Tenggara. Hotel yang satu ini menjanjikan untuk membawa para tamu pada pengalaman gastronomi yang tak terlupakan, disajikan dengan semangat dan ditetapkan dalam suasana elegan.

Di seberang hotel dibangun Tugu Selamat Datang dan air mancur. Bundaran air mancur itu dinamakan Bundaran Hotel Indonesia, dan disingkat sebagai Bundaran HI. Hotel Indonesia dan Tugu Selamat Datang itu dibangun untuk menyambut tamu-tamu yang datang ke Jakarta dan mengikuti Asian Games Ke-4 tahun 1962. Bentuk bangunan Hotel Indonesia berupa huruf T dengan tujuan agar tamu hotel dapat menikmati pemandangan Jakarta dari kamar dan menikmati kehangatan sinar matahari di setiap ruangan.

hotel indonesia

Arsitektur lokal bernuansa Sumatera Barat menyatu dalam arsitektur Indonesia modern. Bangunan yang pertama dibangun adalah Ramayana Wing berlantai 15, baru kemudian Ganesha Wing berlantai delapan. Hotel ini menawarkan 289 kamar dengan indah dan suite dihiasi dengan rincian terinspirasi oleh seni rupa kontemporer Indonesia dan gaya. Presidential Suite mewah memiliki spa yang sangat pribadi, ruang santai cerutu dan bar. Semua kamar memiliki desain sendiri, campuran furnitur kayu, peralatan modern, pemandangan yang menakjubkan dan banyak cermin yang menciptakan ilusi ruang yang lebih besar.

Setelah mengalami renovasi selama 5 tahun, tanggal 20 Mei 2009 Hotel Indonesia Kempinski dibuka kembali oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Add comment


Security code
Refresh