CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Ruang Kerja Pribadi yang Nyaman di Rumah

Ritme kerja di dunia modern membutuhkan fleksibilitas waktu kerja dan ruang kerja. Sudah lazim para pekerja menyelesaikan pekerjaan kantor di rumah hunian, sehingga kebutuhan ruang kerja di dalam hunian semakin terasa.

Hakikat dasar suatu rumah hunian berfungsi sebagai tempat berkumpul bersama keluarga dan tempat beristirahat. Ruang kerja dalam rumah hunian tidak menempati prioritas utama, sehingga hanya bisa menempati ruang yang tidak terlalu luas atau berada di sudut ruang yang tersisa. Namun, dengan pengaturan yang optimal maka ruang kerja di dalam hunian Anda dapat berfungsi maksimal

 

Ruang kerja yang terletak di satu bidang dinding

Letakkan satu meja kerja utama yang memanjang di salah satu dinding ruang keluarga. Bidang meja kerja dapat dimanfaatkan untuk aktivitas menulis, membaca dan mengetik. Berkas-berkas kertas kerja dapat disusun rapi di dalam laci meja kerja maupun di kotak penyimpanan khusus sehingga meja kerja senantiasa terlihat resik.

 Maksimalkan penggunaan bidang dinding vertikal untuk penggantung jadwal kerja, pembuatan prioritas penyelesaian prioritas kerja, atau sekedar menempel beberapa literatur dan sumber referensi. Bila diperlukan, bidang dinding tersebut dapat dioptimalkan untuk menyimpan berkas-berkas surat masuk atau sekedar menjadi tempat pajang post-card dari relasi kerja maupun para kerabat.

Pemilihan warna yang tepat membantu konsentrasi para pekerja urban. Pilihan warna-warna cerah, seperti warna putih, krem, coklat muda dan kuning muda sangat baik untuk diterapkan. Pilih satu warna aksen yang menyeimbangkan dan menjadi penanda wilayah kerja. Warna hitam yang maskulin, coklat yang hangat , biru benhur yang nyaman atau merah marun yang energik bisa menjadi alternatif pilihan warna aksen tersebut.

 

Ruang kerja yang menempati ceruk dinding

Tak perlu berkecil hati saat ruang kerja yang tersedia hanya berupa sebuah ceruk mungil di antara dua kamar. Maksimalkan bidang dinding vertikal di hadapan meja kerja Anda dengan meletakkan ambalan. Susun ambalan secara berselang-seling untuk menampung aneka sarana pendukung kerja , seperti printer, kotak penyimpan berkas, hingga aksesoris tambahan lain. Jadwal kerja dapat diletakkan di bidang dinding di sisi kiri dan kanan meja kerja.

Pemilihan meja kerja utama yang berkesan ringan dan terbuka menjadi kunci sukses penataan ruang kerja yang berada di ceruk dinding. Hindari penggunaan meja kerja yang memiliki laci bersusun vertikal untuk menambahkan kesan lega dan luas.

Warna hijau muda dan biru muda sangat tepat untuk diterapkan di ruang kerja tipe ini. Didukung dengan aplikasi warna putih ataupun kuning muda yang pucat, kesan luas dapat tercapai. Bila memiliki sedikit dana berlebih, aplikasikan kaca cermin di salah satu bidang dinding. Kaca cermin senantiasa efektif untuk menambah luas dimensi pandangan mata sehingga ruang kerja tidak lagi terasa sempit.

 

Ruang kerja yang menempati satu ruang berdimensi kecil

Jika Anda beruntung memiliki ruang penyimpanan pakaian dan aksesoris yang terbilang cukup luas maka segera ubah menjadi ruang kerja yang nyaman. Meja kerja berbentuk L menjadi pusat aktivitas dan area kerja utama. Di sisi meja kerja tersebut, Anda dapat meletakan sebuah kotak untuk penyimpanan berkas-berkas kerja. Penutup kotak tersebut dapat disulap menjadi bangku untuk tempat membaca yang nyaman.

Bidang dinding dapat dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan berkas dan aksesoris ruangan. Aneka foto dalam beragam pigura dan aksesoris-aksesoris pribadi lain dapat digantung untuk menambah kesan hangat di ruang kerja Anda.

Aplikasikan warna putih atau abu-abu muda untuk memberikan kesan ruangan yang luas dan lega. Hamparan warna coklat pada lantai dapat dipertegas kembali dengan menghadirkan bantal-bantal empuk yang berwarna coklat.

 

Penataan ruang kerja di dalam hunian Anda dapat tercapai dengan pemilihan perabotan yang berkesan ringan, pengaturan aksesoris penunjang yang tepat, aplikasi warna-warna muda dan cerah serta pemilihan sumber cahaya yang tepat.

Selamat berkreasi dan selamat berkarya di hunian tercinta.

Add comment


Security code
Refresh