CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Musim Hujan Tiba, Renovasi Atap Yuk

Wah, Indonesia saat ini telah memasuki musim penghujan, tentu akan membuat repot bagi Anda yang memiliki rumah yang mengalami kebocoran. Agar hal tersebut tidak menganggu, sebaiknya Anda lakukan renovasi pada atap hunian Anda. Berikut adalah langkah-langkah renovasi atap agar mampu bertahan di musim hujan. Simak yuk!!!

Atap Rumah, bila atap rumah Anda saat ini dari genteng, Anda harus segera mengecek apakah ada genteng yang sudah berumur dan mesti diganti. Tetapi, jika atap menggunakan atap baja ringan, Anda tak usah cemas  karena atap baja ringan memiliki struktur yang rapat.

Lapisan Anti Bocor / Waterproofing, bila ada beberapa bagian atap rumah yang sudah rusak , sebaiknya  belilah lapisan anti bocor untuk atap misalnya pelapis anti bocor Sanproof atau Premio Triton. Aplikasikan bahan waterproofing pada tiap sambungan dengan benar. Agar dapat melekat sempurna dan tidak terjadi retak , Anda dapat menggunakan polyester mesh.

Waterproofingadalah bahan pelapis yang kedap air sehingga dapat mencegah kebocoran. Waterproofing bisa Anda aplikasikan menggunakan kuas atau roller. Penerapannya dibuat berlapis-lapis yaitu :

  • Pekerjaan pertama adalah memastikan kebersihan media genteng dari polutan lemak, debu, kerikil, daun-daun kering maupun lumut.
  • Pekerjaan berikutnya berupa pengaplikasian bahan waterproofing lapisan pertama. Pastikan bahwa seluruh permukaan genteng, celah-celah sambungan dan retak-retak kecil telah tertutupi.
  • Bila perlu, Anda dapat menggunakan serat kain (polyester mesh) untuk menyambung retak sambungan dan celah sambungan yang ada.
  • Setelah menunggu proses pengeringan lapisan pertama, Anda dapat melanjutkan tahap pengaplikasian lapis kedua.
  • Ingatlah bahwa cara melapisi waterproofing dapat dilakukan berulang-ulang asalkan pengaplikasian saling bersilangan. Hal ini untuk memastikan tidak ada celah bocor yang luput dari proses pengaplikasian.

Andapun tak khawatir lagi saat musim hujan tiba. Selamat merenovasi atap !!!

Add comment


Security code
Refresh