CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Intip Yuk, Material Genteng Yang Bisa Dipilih Untuk Hunian Anda

Genteng, selain berfungsi sebagai penutup bagian atas rumah serta memberi rasa aman dan kenyamanan bagi penghuni, juga dapat menambah nilai estetika pada sebuah hunian. Sehingga ketika Anda akan memilih atap genteng, sebaiknya Anda sesuaikan dengan desain rumah secara keseluruhan.

Begitu juga dengan kualitas material yang digunakan agar tak terjadi berbagai masalah dikemudian hari misalnya, pecah, runtuh, atau mengalami kebocoran. Setiap jenis atap tentunya memilki kelebihan dan kekurangan. Anda bisa memilihnya dengan mempertimbangkan penampilan, kepraktisan, bentuk, dan rencana desain. Berikut adalah beberapa material genteng yang mungkin bisa dipilih untuk rumah Anda:

  • Genteng tanah liat, genteng jenis ini terbuat dari tanah liat yang ditekan / di-press. Kemudian dipanaskan menggunakan bara api dengan derajat kepanasan tertentu. Daya tahan genteng jenis ini sangat kuat. Untuk pemasangan, diperlukan teknik pemasangan kunci / kaitan genteng  pada rangka penopang. Selain tampilan alami berwarna oranye kecoklatan hingga merah terakota, Anda juga bisa mewarnai genteng tanah liat. Kini, telah tersedia berbagai macam pilihan warna-warni yamg menarik untuk cat genteng yang berbahan dasar air (water-based) maupun berbahan dasar minyak (solvent-based).

 

  • Genteng metal atau genteng berbahan logam, memiliki ukuran yang lebih besar dari genteng tanah liat, yaitu sekitar 60-120 cm, dengan ketebalan 0,3 mm. Pemasangan genteng ini tidak jauh beda dengan genteng dari tanah liat. Karena memiliki ukuran yang lebih lebar maka dapat mempercepat waktu pemasangan pada sebuah rumah. Genteng jenis ini biasanya memerlukan sekrup untuk pemasangannya agar tidak mudah terbawa angin karena bobotnya  lumayan ringan. Pilihan warna genteng metal yang tersedia sangat variatif dan menarik. Kombinasi warna atap dan dinding fasade bangunan dapat menciptakan harmoni warna yang menarik.

 

  • Genteng aspal, material genteng yang satu ini bersifat solid namun tetap ringan, terbuat dari campuran lembaran bitumen (turunan aspal) dan bahan kimia lain. Ada dua model yang tersedia di pasaran. Pertama, model datar bertumpu pada multipleks yang menempel pada rangka, dan jenis yang kedua, model bergelombang yang pemasangannya cukup disekrup pada balok gording.

 

  • Genteng kaca, genteng ini dipakai agar sinar matahari dapat masuk ke dalam ruangan secara langsung sehingga menghemat konsumsi listrik untuk penerangan. Material genteng ini terbuat dari kaca. Genteng ini mempunyai bentuk yang terbatas sehingga kompatibel/sesuai dengan beberapa jenis genteng tertentu saja.

 

  • Genteng keramik, genteng ini memiliki warna yang cukup banyak karena pada saat proses finishingnya dilapisi pewarna  pada bagian atasnya (glazur). Bahan utama genteng ini adalah keramik.

 

Nah, itulah beberapa jenis genteng yang bisa Anda pilih. Ingat, agar tampilannya dapat menunjang keindahan hunian secara keseluruhan, sebaiknya gunakan genteng yang sesuai dengan desain atau gaya rumah Anda. Selain itu, Anda juga perlu untuk melakukan perawatan agar genteng tahan lama dan terlihat menarik misalnya dengan memberi lapisan cat khusus untuk genteng contohnya, Cat Genteng Sanlex.

Add comment


Security code
Refresh