CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Kerusakan Atap dan Cara Mengatasinya

Keberadaan atap tak hanya sebagai elemen yang berfungsi untuk melindungi rumah dari panas dan hujan. Tetapi, atap juga menjadi bagian yang dapat menciptakan kesan keindahan yang membuat rumah tampil dengan nuansa yang menarik.

Karena itu, atap harus dirawat dengan baik agar tahan lama dan tetap tampil indah. Nah, jika atap mengalami kerusakan atau masalah, Anda tak perlu menunggu lama sebaiknya segera atasi dengan langkah yang tepat. Di bawah ini adalah 3 masalah pada atap dan bagaimana cara memperbaikinya:

alt

Retak pada dak beton, perubahan panas dan dingin secara terus menerus akan membuat material penutup rumah menjadi aus atau berubah. Retak sekecil apapun, bila itu terjadi di atap rumah, pasti akan membuat air memasuki celah-celahnya. Semakin dibiarkan, air yang merembes akan merajalela dan membuat retakan membesar. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan memperhatikan komposisi campuran beton dan proses mengedak, karena dua hal ini sangat menentukan kualitas beton. Cara lainnya yaitu dengan memberi lapisan waterproofing, misalnya produk SANPROOF pada seluruh permukaan atap tiap celah yang ada yang bisa tertutupi.

Bubungan retak, pertemuan pada atap bubungan, jurai dan sambungan berpotensi untuk terjadi kebocoran. Pencampuran antara dua senyawa yang berbeda ini tidakmenyatu dengan baik dan tidak elastis dalam mengatasi perubahan cuaca yang terus menerus.Cara mengatasinya minimalkan sambungan atap seperti penggunaan bubungan, jurai dan sambungan. Selain itu bubungan atau jurai jangan terlalu tinggi karena akan menimbulkan celah mengundang air. Cara lainnya dengan diaplikasikan waterproofing SANPROOF sehingga tidak akan getas lalu retak karena cuaca.

Genteng melorot, umumnya genteng tanah liat dirancang untuk sudut antara 27,5 derajat hingga 40 derajat. Besar atau kecilnya sudut tergantung tujuan estetika rancangan.Apabila sudut tidak cukup, dari celah-celah di antara genteng maka air hujan akan masuk. Sementara celah-celah tersebut dibuat sengaja untuk pemuaian masing-masing keping genteng dan terkadang untuk ventilasi.Sebaliknya, kalau sudut atap harus dibuat lebih besar dari 40 derajat, setiap kepingan genteng harus dipakukan ke reng yang berada tepat di bawahnya supaya tidak mudah melorot. Genteng yang dirancang dan dibuat dengan baik selalu ada lubang pakunya untuk hal ini.

Add comment


Security code
Refresh