CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Kiat Mengatasi Atap Yang Bocor

Masalah kebocoran atap sering dikeluhkan banyak orang, mulai dari skala kecil (rembes) hingga skala besar (bocor). Mencegah lebih baik daripada mengobati, pepatah ini pun berlaku untuk atap. Pemasangan berbagai komponen atap yang dilakukan dengan benar dan pemilihan material yang tepat, sangat menentukan bocor tidaknya atap.

Nah untuk melenyapkan kebocoran atau rembes pada atap, simak kiat-kiat berikut ini:

Bahan Pelapis Anti Bocor, untuk masalah genteng retak sedikit atau berlubang kecil kita dapat memberikan lapisan anti bocor pada genteng tersebut.  Cara menggunakannya mirip seperti mengecat tembok, di mana kita tinggal mengolesi genteng yang bermasalah dengan cairan pelapis anti bocor.  Setelah cairan lapisan anti air tersebut kering, kita tinggal melihat apakah pada saat hujan masih bocor atau tidak.  Jika masih bocor mungkin anda bisa mencoba cara yang lainnya.

Perbaiki atau Ganti Genteng, apabila setelah diteliti ternyata ada genteng yang tidak beres seperti bergeser, hilang atau pecah maka solusi yang paling tepat adalah melakukan penggantian genteng untuk genteng yang pecah atau hilang dan melakukan penataan ulang untuk genteng-genteng yang berubah posisi tidak semestinya.  Gantilah genteng dengan genteng yang sejenis agar nantinya tidak belang-belang dengan genteng yang sudah ada.

Lapisan Karpet Anti Air, pada masalah atap bocor yang tidak diketahui sebab-musababnya maka kita bisa menggelar karpet khusus yang bisa digunakan untuk lapisan atap rumah.  Gelar saja karpet di atas rumah untuk mengalasi genteng yang sudah ada sehingga air cucuran atap tidak dapat menembus sela-sela genteng lagi.

Perbaiki Talang Air dan Pipa Pembuangan, bukan hal yang tidak mungkin penyebab bocor adalah talang air yang gagal menjalankan fungsinya.  Bisa saja bocor disebabkan oleh talang air yang mampet, pecah, rusak, kemiringan yang salah, atau ukurannya yang terlalu kecil sehingga tidak mampu menampung debit air yang besar saat hujan deras melanda.  Bisa jadi pula disebabkan oleh pipa pembuangan yang kurang besar sehingga menyebabkan terjadinya penumpukan air di talang air.

Rombak Ulang Atap, desain rumah yang tidak tepat bisa menyebabkan terjadinya atap bocor.  Berbagai faktor penyebab seperti kemiringan atap yang tidak tepat, bentuk atap yang tidak proporsional, kurangnya saluran pembuangan air, dan lain sebagainya dapat membuat atap menjadi bocor ketika turun hujan.  Mau tidak mau rumah yang salah desain sejak awal harus diperbaiki atau disempurnakan agar tidak bocor lagi.

 

Add comment


Security code
Refresh