Ramadhan Edupaint 2017

CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Ini Dia Atap Rumah Yang Bisa Anda Pilih!!!

Keindahan sebuar hunian belum lengkap rasanya tanpa kehadiran atap. Ya, meskipun sering dilupakan, ternyata atap adalah salah satu elemen yang dapat menambah cantiknya tampilan sebuah rumah. Atap secara tidak langsung juga termasuk bagian dari fasade.

atap rumah

Oleh karena itu, pemilihan atap perlu dipertimbangkan dengan cermat dan harus disesuaikan dengan tampilan rumah secara keseluruhan agar tampak serasi. Hal-hal yang perlu diperhatikan saat Anda akan memilih atap antara lain yaitu warna dan bahan material yang digunakan. Nah, berikut ini kami akan memberikan jenis material atap yang bisa Anda pilih untuk mempercantik tampilan rumah:

Atap Genteng Tanah Liat Tradisional

Material ini banyak dipergunakan untuk rumah. Gentang terbuat dari tanah liat yang dicetak dan dibakar. Kekuatannya cukup baik. Untuk memasang genteng tanah liat membutuhkan rangka. Genteng dipasang pada atap miring. Genteng menerapkan sistem pemasangan inter-locking atau saling mengunci dan mengikat.

Atap Genteng Metal

Atap ini berbentuk material lembaran, mirip seng. Genteng ini ditanam pada balok gording rangka atap dengan menggunakan sekrup. Pemasangannya tidak jauh berbeda dengan genteng tanah liat. Ukurannya lebih besar dari genteng tanah liat, yakni sekitar 60–120 cm, dengan ketebalan 0,3 mm.

Atap Beton, digunakan karena kekuatan dan ketahanannya. Namun, pada carport, material beton biasanya dikombinasikan dengan penutup atap lain.

Dak Beton, sama seperti material beton, dipilih karena ketahanannya.

Atap Material Logam, atap jenis ini lentur dan memiliki bentuk sesuai dengan keinginan. Terutama untuk bentuk-bentuk lengkung dan kaya ornamen untuk model klasik. Model klasik dan Mediterania biasa menggunakan besi tempa, sedangkan model minimalis menggunakan besi hollow atau kanal C. Untuk bangunan bertema modern futuristik, menggunakan aluminium atau baja.

Polycarbonate, banyak dipilih karena lebih mampu menahan panas karena biasanya dilapisi lapisan ultraviolet dan warnanya tidak mudah pudar. Memiliki kesan yang ringan, transparan, mudah ditekuk serta pemasangannya tidak memakan waktu lama.

PVC (Polyvinyl Chloride), atap jenis ini juga banyak digunakan tetapi posisinya berada di bawah polycarbonate dan lebih murah.

Atap Material Kayu, bila Anda ingin membuat rumah Anda terkesan alami, Anda bisa pilih jenis atap yang berasal dari material kayu. Sesuai untuk rumah model minimalis dan Mediterania yang banyak menggunakan model lurus-lurus. Sebaiknya menggunakan jenis kayu damar laut yang tahan cuaca jika langsung terkena hujan atau tanpa penutup.

Pilih jenis atap yang sesuai dengan kesan yang akan Anda munculkan.

Add comment


Security code
Refresh