CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Desain Fasade Rumah Mediterania

Fasade rumah mediterania bisa dilihat dari elemen dinding yang dibuat dengan tekstur kasar dan terkesan alami. Sedangkan dari segi warna, gaya mediterania banyak menggunakan paduan warna-warna yang tegas yang tampil natural.

Pada fasade arsitektur mediterania, dinding-dindingnya lebih banyak didesain dengan permainan warna-warna alami, misalnya terakota, coklat, dan krem. Tetapi, banyak juga pemilik rumah yang mengadopsi gaya mediterania dengan mengaplikasikan warna yang lebih cerah seperti kuning, putih, atau abu-abu. Dari gaya pengecatan, dinding rumah mediterania juga memiliki sedikit perbedaan jika dibandingkan dengan rumah biasa.

alt

Warna cat dinding desain ini cenderung memiliki kepekatan dan ketebalan yang tidak merata. Untuk mendapatkan hasil seperti ini, pemiliki rumah gaya mediterania biasanya mencampur cat dinding dengan sedikit air sebelum memulai pengecatan. Untuk memperkuat konsep hunian mediterania, umumnya pada area masuk bangunan dihadirkan hiasan dekoratif yang menyerupai kubah.

Selain itu, fasade rumah mediterania juga didukung kolom.Yang sering digunakan adalah kolom yang terbuat dari batubata, sebagai bagian dari kolonade biasanya mengelilingi patio, kolom satu dengan yang lain dihubungkan dengan balok berbentuk semi sirkular (arches) dilengkapi dengan mahkota dan alas kolom sederhana.

Sementara, bentuk atap yang biasa digunakan adalah bentuk atap pelana, meskipun disana-sini ditemukan bentuk atap perisai. Dan kebanyakan bangunan menggunakan tritisan yang dalam (deep eaves). Genteng yang menutup bagian atas listplank masih menyisakan listplankdibagian bawahnya.Untuk jendela, biasanya berukuran relatif kecil dan berbentuk persegi panjang atau kotak-kotak kecil. Kadang-kadang dengan ujung bagian atas berbentuk lengkungan.

Add comment


Security code
Refresh