CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Desain Tropis Untuk Rumah Yang Nyaman

Rumah dengan gaya tropis merupakan hunian dengan desain yang terstruktur untuk merespon iklim di Indonesia yaitu iklim tropis. Prinsip rumah tropis adalah untuk mengantisipasi kelembaban udara dalam rumah akibat curah serta panas matahari yang membuat suasana rumah menjadi kurang nyaman.

 

Iklim tropis di Indonesia berkarakter memiliki tingkat panas dan tingkat kelembaban yang cenderung tinggi. Salah satu kearifan lokal yang diwariskan dari masa lalu adalah hunian yang memiliki banyak lubang-lubang bukaan. Dalam desain bangunan modern, lubang bukaan dapat diterjemahkan dengan desain bangunan yang banyak memiliki jendela-jendela di sekeliling bangunan. Alangkah lebih baik, bila tercipta proses "cross-ventilation" atau "sirkulasi silang" di dalam setiap ruangan, sehingga udara dingin dari luar bangunan bisa bebas masuk ke dalam ruangan, berhembus pelan dan berputar sejenak di dalam ruangan, dan akhirnya keluar dari ruangan dengan membawa udara panas.

 

Intensitas curah hujan yang tinggi dan frekwensi hujan turun yang tinggi membutuhkan penutup atap yang memiliki kemiringan yang optimal untuk mengalirkan air dari atap dengan cepat. Kemiringan atap minimal yang disarankan adalah 35 derajat. Pemakaian talang air di bagian bawah atap atau air langsung tercurah ke halama rumah merupakan pilihan desain masing-masing penghuni rumah.

 

Angin kencang yang menyertai hujan dapat menghembuskan bulir-bulir air hujan sehingga mengenai bagian bangunan. Penggunaan teritisan yang lebar merupakan solusi efektif untuk melindungi bangunan hunian dari terpaan air hujan. kearifan lokal dari arsitektur vernakular di Indonesia berupa pemakaian material kayu berupa susunan bilahan papan pada bagian dinding dan jendela berjalusi merupakan upaya membuat bangunan dapat bernafas dengan bebas. Celah celah kecil antara bilahan kayu memungkin udara dingin dari luar bangunan dapat masuk ke dalam bangunan untuk menggantikan udara panas di dalam setiap ruangan. Alhasil, sirkulasi udara yang sehat tercipta secara alami dan murah.

 

Jadi rumah tropis bisa dibilang bentuk penyesuaian desain rumah terhadap efek yang ditimbulkan oleh iklim tropis yang terjadi sepanjang tahun.

Add comment


Security code
Refresh