CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Panduan Tepat Membuat Carport

Tahu kah Sahabat bahwa carport berbeda dengan garasi walaupun memiliki fungsi yang sama yaitu untuk melindungi mobil Sahabat Edupaint dari paparan sinar matahari dan hujan. Umumnya, garasi memiliki ruang lebih tertutup, sehingga selain bisa untuk melindungi mobil, garasi juga dapat digunakan sebagai ruang penyimpanan perkakas kendaraan.

Tapi tahukah Sahabat bahwa menggunakan carport tergolong lebih aman dari pada menggunakan garasi untuk Sahabat yang bertempat tinggal di area perumahan. Carport yang memiliki sisi terbuka akan membuat kendaraan aman, karena orang di sekitar rumah akan mengetahui jika ada tanda – tanda dari pencurian kendaraan. Berikut tips membuat carport di rumah Sahabat :

 

Baca Juga: Pilihan Material Untuk Lantai Carport

 

  • Perhatikan Lantai Pada Carport

    Perhatikan lantai pada carport, apakah masih berupa tanah atau sudah berupa paving/conblock. Jika masih berupa tanah, pasanglah beton di permukaannya atau mengisinya dengan pavers untuk membuat lantai carport sedikit lebih tinggi dari permukaan tanah. Buatlah ketinggian lantai beton sekitar tanah 6 inci agar mobil dapat masuk dan keluar lebih mudah. Tapi jika sudah berupa paving block Sahabat bisa mengecatnya dengan cat pelindung San Protego agar lantai tidak mudah retak dan membuat carport Sahabat lebih berwarna.

     

    Paduan tepat membuat carport

    Pastikan permukaan lantai sedikit lebih tinggi dari permukaan tanah


     

    Baca Juga: Ssst…Lantai Carport Juga Wajib Dibuat Menarik Lho!!!

     

  • Perhatikan Ketinggian Langit-langit

    Perhatikan ketinggian langit – langit pada carport, jangan sampai terlalu dekat antara langit – langit dengan kerdaraan Sahabat. Berilah jarak 100 cm antara kendaraan dengan langit – langit carport.

     

    Paduan tepat membuat carport

    Perhatikan ketinggian langit-langit pada carport


     

    Baca Juga: Kanopi Polycarbonate Untuk Melengkapi Carport Di Rumah Anda

     

  • Perhatikan Kerangka Bagian Dalam Carport

    Perhatikan kerangka bagian dalam carport pada pusat rangka bangunan. Sahabat perlu membingkai atap dengan kayu karena rangka logam carport tidak akan mendukung drywall. Sahabat juga dapat memilih menggunakan lembaran OSB untuk menutupi rangka carport.

     

    Baca Juga: Menawan Dengan Carport Yang Sesuai Desain Rumah

     

  • Buat Rancangan Tata Letak Carport

    Buat rancangan tata letak carport sehingga nantinya bangunan berada di tempat yang tepat dan Sahabat tidak perlu menata ulang kabel dan instalasi yang telah ada dengan tata letak bangunan. Pasang semua instalasi listrik dan lampu. Sebuah carport tidak membutuhkan daya listrik yang banyak seperti halnya garasi.

     

    Paduan tepat membuat carport

    Perhatikan rancangan tata letak carport


     

    Baca Juga: Carport Selaras Dengan Keindahan Rumah

     

  • Pasang Isolasi dan Drywall pada Carport

    Memasang isolasi dan drywall. Pemasangan isolasi pertama kali akan difokuskan pada ruangan antara atap dan isolasi untuk sirkulasi udara. Jika Sahabat ingin menggunakan isolasi selulosa Sahabat lebih baik memasang drywall daripada menggunakan jaring. Gunakan satu sekrup setiap jarak 12 inci dengan memasang mur dan enam sekrup di bagian atas dan bawah lembaran dengan begitu total Sahabat akan memerlukan total 43 sekrup. Meskipun untuk bagian dinding, Sahabat mungkin hanya menggunakan lebih sedikit mur, namun drywall di bagian langit-langit harus dilengkapi dengan jumlah sekrup yang memadai.

     

    Paduan tepat membuat carport

    Pasang Isolasi dan Drywall pada Carport


     

    Baca Juga: Pertimbangkan Hal-Hal Berikut Sebelum Memilih Atap Carport

     

  • Lakukan Finishing pada Bagian Dalam Carport

    Lakukan finishing pada bagian dalam garasi atau ruang kerja dengan mudding drywall, lukisan, seni instalasi, instalasi kelistrikan seperti saklar dan stop kontak serta pemasangan karpet yang menutupi lantai jika memungkinkan. Ketika mengerjakan mudding, pastikan hanya untuk mencakup 1/4 inci pada satu waktu untuk menghindari retak pada mudding. Jika diperlukan, misalnya untuk bagian antara lembar drywall, Sahabat akan perlu mudding berlapis-lapis. Setelah mudding, amplaslah permukaan mudding agar dinding terlihat mulus.

     

    Baca Juga: Intip Beberapa Desain “Carport” Berikut Ini Yuk!!!

     

 

Cat Tembok Sanlex wonder

 

 

Referensi :

 

Add comment


Security code
Refresh