CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Merawat Kolam Ikan

Kolam bisa menjadi bagian eksterior yang membuat rumah tampil cantik. Apalagi jika kolam tersebut terdapat ikan-ikan yang menjadikan rumah semakin terkesan menawan. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk merawat kolam agar tetap tampil menarik: 

 

 

  • Pertahankan kualitas air yang baik dan mengelola pasokan air secara teratur adalah cara praktis paling umum mempertahankan kolam  dan ekosistemnya tetap terjaga.

  • Pertimbangkan jumlah ikan dalam kolam dan berapa porsi tanaman yang ditambahkan dalam kolam. Sebaiknya mereka disesuaikan  dengan kapasitas filtrasi kolam. Hitungannya sekitar 5 cm ikan per  30 cm persegi luas permukaan kolam. Selain jumlah, pertimbangkan jenis  dan kecepatan ikan berkembang biak. Bila perlu, tambahkan ikan baru secara bertahap saja.

  • Kolam dengan ikan sebaiknya juga diberikan tanaman yang menutup setidaknya setengah permukaan kolam. Tanaman ini dapat menjadi tempat bersembunyi dari predator dan berteduh.

  • Secara teratur perhatikan kesehatan ikan dengan melihat siripnya apakah semua tegak dan berpenampilan baik. Jika terindikasi infeksi, sebaiknya lakukan pemisahan dan pengobatan. Bila perlu tambahkan dalam air kolam.

  • Selama musim panas, uji kualitas air yakni PH air antara 6,5 hingga 7, juga ketinggian air kolam yang mudah menguap. Perhatikan pula ketika ganggang mulai muncul karena dapat mengganggu ekosistem kolam. Sedangkan pada musim penghujan, lakukan pembersihan kolam secara berkala dengan menggosok sisi-sisi kolam tanpa sabun.

  • Jangan lupa membersihkan filter dan pompa serta memeriksa selang dan kemungkian kebocoran.

 

Lakukan pemangkasan tanaman pinggiran dan kurangi gulma secara berkala. Begitu pula, kurangi tanaman yang telah melampaui pot.

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh