CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Hindari Karat Pada Pagar Besi Dengan Lapisan Cat

Pagar yang terbuat dari material besi merupakan elemen yang sangat rentan terserang karat apalagi letaknya di bagian luar rumah. Sehingga Anda harus lakukan perawatan untuk mencegah agar tak terjadi kerusakan yang lebih parah. 

Ya, karat merupakan faktor utama yang menyebabkan kerusakan pada pagar besi. Tingkat kerusakan yang diakibatkan oleh karat ada bermacam-macam. Mulai dari stadium awal hingga ke tingkat yang dapat menghilangkan bahan besi itu sendiri. Kondisi besi dengan tingkat kerusakan awal masih bisa diperbaiki. Namun jika sudah pada tingkat hilangnya bahan besi, otomatis harus dilakukan penggantian.

Untuk menghindari besi pagar berkarat, maka elemen tersebut harus diberi lapisan cat khusus besi misalnya produk cat Brillo. Sama halnya dengan mengecat dinding interior, pengecatan besi juga membutuhkan langkah-langkah yang tepat sehingga diperoleh hasil yang maksimal.

Berikut adalah langkah-langkah dalam pengecatan besi :

  • Sikat bagian besi yang berkarat, lalu ampelas hingga bagian tersebut benar-benar bersih.
  • Bila pada permukaan besi masih terdapat kotoran debu dan minyak, bersihkan dengan kain lap kering.
  • Aplikasikan cat besi yang mengandung antikarat. Dengan demikian selain sebagai lapisan cat primer juga sekaligus menjadi top coat atau cat finish yang diformulasikan khusus dalam satu kemasan. Selain cat itu tahan cuaca, banyak pilihan warna dekoratif.
  • Jika pengaplikasian tidak memakai cat tersebut, Anda dapat menggunakan cat dasar terlebih dahulu. Tunggulah sampai satu hari, setelah itu baru aplikasikan cat finish.

Dengan mengaplikasikan lapisan cat, maka pagar besi akan terlindungi dari karat dan tampak semakin menarik dengan warna sesuai keinginan.

Add comment


Security code
Refresh