CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Mengecat Ulang Pagar Rumah

Selain menjadi bagian rumah yang berfungsi melindungi dan menjadi pembatas, pagar juga turut memberi kesan yang indah dan menarik. Pagar mampu menciptakan kesan yang indah dan mencuri perhatian untuk hunian.

Karena itu, pagar juga harus Anda perhatikan desainnya. Salah satunya dengan memberi lapisan cat sehingga pagar akan terlihat lebih menarik. Nah, berikut adalah beberapa cara mengecat pagar terutama pagar besi yang sebelumnya sudah pernah dicat.

Kikis terlebih dahulu cat lama, sebelum Anda mengaplikasikan cat baru pada pagar besi, Anda harus mengikis besi tersebut dari karat yang menempel atau dari cat lama yang masih rapat. Gunakan kape untuk mempermudah mengikis sisa cat dan karat tersebut. Pekerjaan ini membutuhkan waktu yang lama apalagi jika pagar besi yang Anda miliki sudah parah dan panjang. Tapi karat wajib untuk dihilangkan agar tidak beroksidasi kembali dan karat baru tidak tumbuh cepat begitu saja.

Amplaslah agar lebih mulus, pengikisan bekas cat dan karat pada permukaan pagar besi tersebut tidak serta merta memuluskan permukaan pagar besi. Maka dari itu, agar mulus pagar besi lebih sempurna, Anda dapat melanjutkan menggosok pagar besi tersebut dengan amplas. Tingkat kekasaran amplas yang medium dapat Anda gunakan untuk mendapatkan hasil permukaan pagar yang lebih mulus. Jika permukaan pagar mulus, bukan tidak mungkin hasil pengecatan yang Anda aplikasikan akan menempel dengan sempurna.

Gunakan pelapis cat dasar, jika pagar besi sudah siap untuk dicat, Anda gunakan terlebih dahulu cat dasar untuk pagar besi tersebut. Cat dasar yang Anda pilih harus merupakan cat yang khusus besi dan tahan terhadap alkali. Jika Anda akan menambahkan tiner, tambahkan secukupnya saja jangan terlalu banyak agar daya tutup cat tersebut lebih kuat dan lebih maksimal.

Aplikasikan cat akhir, jika cat pelapis dasar sudah kering dan siap untuk dicat penutup, maka Anda dapat melanjutkannya dengan mengecat yang sebenarnya. Lakukan dengan sangat hati hati dengan arah pengecatan ke atas ke bawah. Jika memungkinkan melakukan pengecatan dua kali, lakukan yang pertama tipis saja kemudian biarkan kering baru sempurnakan yang kedua sebagai finishing.

 

Add comment


Security code
Refresh