CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Tanaman Juga Bisa Digunakan Untuk Membuat Pagar Lho!!!

Pagar yang sekaligus menjadi bagian dari fasade sebuah hunian wajib dibuat menarik karena mampu mendukung keindahan tampilan rumah secara kesuluran. Jadi, Anda tidak boleh menyepelekan keberadaan pagar.

pagar tanaman

Pagar tak harus terbuat dari bahan material keras seperti kayu atau besi, tetapi tanaman pun bisa Anda gunakan untuk membuat pagar yang tampil beda, natural, dan indah.  Ingat, pagar tak hanya sebagai pembatas atau pelindung namun elemen yang satu ini juga memiliki fungsi estetika. Jika Anda memilih tanaman untuk mendesain pagar, maka Anda akan menemukan kesan alami nan hijau pada hunian Anda.

Namun, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika akan membuat pagar menggunakan tanaman diantaranya yaitu:

  • Karena jenis pagar tanaman sifatnya semipermanen. Maka untuk menjadikannya pagar, tanaman yang digunakan tersebut bisa dikombinasikan dengan pagar besi, kayu, atau tembok.
  • Pertimbangkan fungsi pagar yang ingin ditampilkan, apakah ingin menonjolkan fungsi estetika, hanya sebagai pengaman, atau ekologis (untuk meredam kebisingan dan menyerap polusi).
  • Jika salah memilih jenis tanaman, Anda harus rela menerima konsekuensinya melakukan perawatan plus terhadap pagar hijau itu dengan cara berkala memangkasnya.
  • Untuk memudahkan perawatan pagar hidup, pilih jenis tanaman yang tidak perlu dipangkas seperti puring yang memiliki beragam varian bunga dan daun, tanaman hijau seperti perdu, serta tanaman berbunga indah seperti bunga sepatu.
  • Bentuk pagar dan jenis tanaman harus disesuakan dengan konsep taman serta arsitektur rumah sehingga tercipta harmonisasi dalam keseluruhan hunian. Misalnya untuk rumah tropis, bisa dipilih tanaman berbunga indah seperti bunga sepatu dan kemuning atau tanaman berdaun seperti puring. Sementara itu untuk rumah modern, bisa dipilih tanaman yang simpel, seperti jenis bambu-bambuan.
  • Selain itu, tinggi-rendahnya tanaman pagar menandakan sifat dari penghuninya. Pagar tanaman yang rendah memberi kesan bahwa penghuninya adalah orang yang terbuka, suka bersosialisasi, dan ramah. Sementara itu, pagar yang tinggi menunjukkan yang empunya merupakan orang yang tertutup dan tidak suka diganggu kehidupan pribadinya.

Nah, bagi Anda penghobi tanaman, pagar jenis ini bisa Anda pilih. Karena selain indah, Andapun bebas berkreasi dengan berbagai bentuk dan jenis tanaman sesuai keinginan.

Add comment


Security code
Refresh