CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Uuups, Ingin Membuat Taman? Perhatikan Beberapa Hal Berikut Ini!!!

Saat ini, taman merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah hunian. Selain akan menciptakan kesan yang indah, kehadiran taman juga akan membuat rumah tampak segar, sejuk, dan mampu menjadi tempat yang menyenangkan bagi penghuni.

taman

Jika Anda ingin taman yang asri hadir menghiasi hunian, Anda bisa membuatnya sendiri. Namun, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan untuk menciptakan taman sesuai dengan keinginan. Apa saja? kita lihat sama-sama berikut ini!!!

Sebelum memilih jenis tanaman yang akan digunakan pada taman, terlebih dahulu Anda harus menentukan gaya taman yang Anda inginkan seperti taman tropis, taman jepang, taman bali, atau taman minimalis. Ingat, sesuaikan taman yang akan Anda buat tersebut dengan luas lahan, jika tidak terlalu luas, sebaiknya dipilih konsep yang lebih sederhana, seperti tema minimalis yang sedikit detail pada desainnya.

Media Taman/Lahan, media taman yang diolah dengan baik akan berpengaruh bagi kelangsungan hidup tanaman yang ada di dalamnya. Akan lebih baik jika Anda mengolah media taman dengan memberi tanah humus dan pupuk serta melakukan penyiraman secara rutin sehingga tanaman dapat hidup layak. Untuk penyiraman, jika Anda memiliki dana lebih, Anda bisa membeli sprinkler (penyiram air otomatis) yang dapat diatur sesuai keinginan Anda. Selain itu, sebagai media tanam/lahan yang akan dijadikan taman harus dibersihkan dari tanaman pengganggu atau gulma.

Jika Anda ingin taman tampak menarik, sebaiknya pilih tanaman yang bervariasi karena hal tersebut akan menciptakan kesan yang harmonis pada taman. Misalnya, dengan memilih tanaman yang berbeda ukuran, jenis, atau warna sehingga taman tidak monoton. Warna pada tanaman bisa didapat dari warna bunga atau warna daunnya. Tetapi, penting untuk tetap memperhatikan keserasian taman agar taman terlihat rapi dan menarik. Keserasian taman akan tercipta dengan menentukan tanaman yang akan ditanam dan posisinya.

Yang harus diperhatikan juga adalah penggunaan material karena taman tidak hanya terdiri dari tanaman saja tetapi keindahan taman juga dapat didukung oleh kehadiran ornamen-ornamen lain misalnya, bebatuan, kolam, atau pot-pot bunga yang biasa disebut dengan material hardscape. Anda perlu menyesuaikan hardscape apa saja yang akan digunakan dan seberapa banyak karena berkaitan dengan desain taman.

Pemilihan Tanaman, agar tanaman dapat tumbuh dengan baik, harus disesuaikan dengan keadaan dan kondisi lahan taman sendiri. Apakah tempat yang akan dijadikan tanaman akan banyak terkena matahari atau tidak? Sesuaikan juga dengan kondisi lingkungan. Apakah rumah Anda berada di daerah yang sejuk atau panas? Jika taman akan banyak terkena sinar matahari, maka dapat dipilih tanaman-tanaman yang kuat terhadap sinar matahari karena jika tanaman cocok akan menyebabkan tanaman tidak berkembang atau mati.

Jangan lupa tambahkan aksen dengan membuat pencahayaan sehingga taman tampak semakin indah dan memikat. Misalnya dengan memasang lampu taman atau lampu sorot taman yang mengeksploitasi suatu tanaman sebagai fokusnya. Lampu-lampu ini sangat berperan pada malam hari,sehingga pada malam hari Anda tetap dapat menikmati keindahan taman Anda dengan suasana yang romantis. Selain itu, kehadiran lampu taman dengan berbagai model akan menjadi aksesoris pemanis taman Anda.

Keindahan taman pastinya juga tergantung dari bagaimana Anda merawatnya lho…

Add comment


Security code
Refresh