CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Membuat Taman Vertikal? Ini Dia Langkah-Langkahnya

Terbatasnya lahan bukan berarti membuat Anda tak bisa menghadirkan taman yang asri ke tengah-tengah hunian. Karena Anda dapat siasati dengan menciptakan taman vertikal atau yang sering disebut vertical garden.

 

Saat ini taman vertikal merupakan salah satu model taman yang banyak diminati khususnya pada masyarakat perkotaan. Model taman vertikal sangat sederhana, Anda bisa mencoba membuatnya dengan menggunakan tanaman dalam pot yang disusun ke atas atau memakai tanaman rambat di dinding.

Tetapi yang perlu diperhatikan saat akan menciptakan taman ini adalah selain desain yang diinginkan, Anda juga harus pertimbangkan kekuatan struktur dinding. Hal ini karena tanaman pada taman vertikal nantinya akan dipasang ke dinding. Agar dinding tidak mengalami kerusakan akibat lembab, terlebih dahulu dinding tersebut diberi lapisan anti bocor / water proofing.  Salah satu pelapis anti bocor yang bisa Anda gunakan misalnya produk Sanproof.

Setelah dinding siap, langkah selanjutnya adalah membuat rangka dengan modul kotak-kotak dari bahan besi yang telah diberi pelapis antikarat menggunakan merek cat Brillo. Rangka dipasang ke dinding dengan jarak 10 cm. Ingat, tahap penanaman tidak langsung diaplikasikan ke bidang vertikal,  tetapi ditanam dahulu di bidang datar yaitu pada permukaan papan dari material kayu yang di atasnya diletakkan media tanam dan ditutup dengan kawat nyamuk. 

Tahap penanaman tersebut sebaiknya dilakukan tiga bulan sebelumnya. Tanaman dibiarkan tumbuh di bidang datar terlebih dahulu, kemudian dimiringkan 45 derajat, hingga tanaman terlihat dapat tumbuh menjuntai ke bawah dengan bagus. Tahap terakhir, papan-papan yang berisi tanaman tersebut dapat dipasangkan ke rangka besi sesuai desain taman.

Agar papan dan kawat nyamuk tidak cepat mengalami kerusakan serta dapat bertahan lama , harus diberi lapisan cat kayu dan besi seperti cat Brillo.  Sedangkan untuk mencegah meresapnya cipratan air siraman , disarankan untuk melapisi dinding bata Anda dengan menggunakan pelapis anti bocor, seperti Water Proofing Sanproof.

 

Add comment


Security code
Refresh