CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Lahan Rumah Sempit? Buat Saja Taman Di Atas Atap

Rumah yang dilengkapi dengan taman tentu akan tampak lebih menarik. Tak hanya itu, kehadiran taman juga turut memberikan sentuhan yang menyegarkan pikiran setelah seharian melakukan aktivitas di luar rumah.  Apalagi untuk rumah yang ada di daerah perkotaan dengan suasananya yang hiruk pikuk tentu penting untuk merilekskan pikiran dengan sekedar duduk-duduk santai di taman rumah. 

 

Taman di atas atap rumah

Taman di atas atap rumah

 

Tetapi, bagaimana jika Anda memiliki lahan rumah yang kurang luas? Anda tak perlu khawatir karena Anda masih bisa menghadirkan sebuah taman yang mampu membuat rumah terkesan segar, yaitu dengan membuat taman di atas atap (roof garden). Taman jenis ini adalah solusi tepat untuk mensiasati lahan sempit yang tidak memiliki ruang untuk sebuah taman.

Lalu, bagaimana cara membuat taman di atas atap? Yang pertama An dabisa buat atap dak beton dengan kontruksi menggunakan material cor beton bertulang dengan besi. Sebaiknya dak beton tersebut memiliki kemiringan 20-30°. Kemudian, untuk tebal lantai dak bisa Anda buat 20 cm untuk luasan 50 m2.

Selanjutnya, Anda dapat membuat bak tanaman di tepi dak beton dengan bentuk yang sesuai dengan luasan dak yang ada. Keberadaannya  dapat digunakan sebagai tempat tanaman. Untuk mencegah air merembes ke ruangan yang ada di bawahnya, sebaiknya dak beton Anda beri lapisan waterproofing yang nantinya juga dapat melindungi tulang besi pada balok kolom dan lantai. 

 

Taman di atas atap rumah

Taman di atas atap rumah

 

Jangan lupa untuk membuat instalasi air bersih untuk menyiram tanaman tetapi Anda juga harus perhatikan juga instalasi air buangan yang tersambung dengan tepi dak terendah kemudian hubungkan ke pisapa talang air menuju bak resapan di tana dan ke saluran pembuangan air. Kemudian, di atas dak beton dapat Anda pasang ijuk dengan ketebalan merata yang dapat digunakan untuk menahan sekaligus menyaring air yang merembes dari pasir dan tanah.

Gunakan humus sebagai media tanam dengan kandungan pH tanah 5-7. Nah, selanjutnya Anda tanaman rumput di atasnya. Untuk tanaman sebaiknya Anda memilih tanaman rambat yang di tanamn di tepi pagar atau dinding sedangkan tanaman rendah pada bak dan tepi taman. Tanam juga tanaman berbunga agar tampilan taman lebih indah.

 

 

Cat Tembok Sanlex Weatherproof

 

Add comment


Security code
Refresh