CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Hadirkan Unsur Hardscape Di Taman Mungil Anda

Memiliki taman dengan ukuran kecil, bukan berarti Anda tak bisa menghadirkan unsur hardscape yang dapat menambah kesan taman yang indah. Karena Anda dapat akali dengan menggunakan elemen hardscape yang juga memiliki ukuran mungil.

Jadi, Anda tetap bisa membuat taman di lahan minim tampak semakin memikat dengan menambahkan unsur-unsur hardscape seperti di bawah ini:

  • Batu alam, batu alam dengan ukuran kecil misalnya batu koral putih dan abu-abu. Batu jenis ini bisa Anda terapkan sebagai pembatas pada taman. Anda dapat mengaplikasikan batu koral putih dan abu-abu dalam dua deret yang menarik.
  • Pijakan, batu pijak ini bisa dalam bentuk cetakan bundar dan empat persegi panjang. Dapat dipasang di antara rumput sebagai sirkulasi untuk mencapai seluruh bagian taman. Jenis batu yang bisa Anda gunakan untuk membuat pijakan misalnya batu koral sikat.
  • Kolam, kolam pada taman dapat berisi tanaman air, atau bisa juga di dalamnya dipelihara ikan. kolam umumnya berupa lahan empat persegi panjang yang permukaannya sejajar atau lebih tinggi sedikit dari permukaan tanah. Untuk taman mungil, Anda bisa buat kolam minimalis yang juga berukuran kecil.
  • Pancuran. Air mancur dapat dibuat menyatu dengan kolam, sehingga memudahkan pembuatan instalasi. Anda bisa memilih desain air mancur dari tembok menuju kolam di bawahnya, air mancur dari permukaan yang rendah melalui patung hewan misalnya kodok, atau air mancur dari titik tengah kolam dengan ketinggian tertentu. Seluruh kolam dengan air mancur memerlukan tambahan mesin pompa listrik untuk mengalirkan dan memancarkan air.
  • Papan, papan kayu biasanya digunakan untuk anak tangga atau jembatan kecil yang melalui kolam yang ada di taman. Pola pemasangan yang horizontal dengan nat sekitar 5cm-8cm akan membuatnya tampil memikat. Agar permukaan papan tampak menarik dan tahan terhadap cuaca, Anda bisa melapisinya menggunakan cat Brillo yaitu cat khusus untuk kayu dan besi.
  • Pot, ada bermacam pot yang dibedakan berdasarkan materialnya, mulai dari pot plastik, semen, tanah liat sampai pot kayu dan rotan. Ukuran pot dapat disesuaikan dengan luas taman. Misalnya, sebuah pot besar berisi tanaman lotus dapat ditempatkan di tengah halaman atau di salah satu sudut. Sementara itu, pot-pot ukuran kecil dapat diletakkan di antara batas taman dengan tanah.

Tunggu apa lagi, segera desain ulang taman mungil Anda dengan menggunakan unsur hardscape agar terlihat lebih indah dan natural.

Add comment


Security code
Refresh