CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Taman Oriental Jepang

Saat ini jenis taman begitu beragam. Salah satunya adalah gaya taman Oriental yang memilik tampilan indah dan berkembang hampir di seluruh negara. Jenis taman ini bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang ingin menghadirkan nuansa segar serta alami pada hunian.

Yang termasuk ke dalam taman Oriental misalnya taman Jepang dengan ciri khas selalu memakai unsur air yang dianggap dapat mengalirkan energi chi. Jadi taman Jepang sering menggunakan kolam dan danau buatan. Selain itu, taman Oriental Jepang juga mengusung konsep bentuk alam yang dibuat secara miniatur yang merupakan prinsip dasar dari taman Jepang. 

Elemen dasar seperti batu-batu dan kolam dipakai untuk melambangkan landscape alam yang berukuran besar. Taman Jepang bisa Anda hadirkan ke tengah-tengah hunian, hal ini akan menambah kesan estetika yang memberi sensasi menyenangkan serta kedamaian bagi Anda atau penghuni rumah. Untuk mengaplikasikan taman Oriental Jepang ini, ada tiga elemen dasar yang harus Anda perhatikan yaitu:

Bebatuan, batu-batu biasanya disusun menyerupai bentuk-bentuk alam seperti pegunungan, air terjun, dan pemandangan laut, dan dipilih berdasarkan bentuk, ukuran, warna, dan tekstur. Batu adalah elemen terpenting dalam taman Jepang karena dapat dipakai untuk melambangkan pegunungan, garis pantai, dan air terjun.

Air, selain sebagai sumber kehidupan, dalam budaya Jepang, air juga digunakan untuk menyucikan benda dari dunia profan sebelum memasuki kawasan sakral. Air dialirkan dari sungai untuk membuat kolam dan air terjun.

Tanaman, seperti perdu, rumpun bambu, lumut, dan rumput adalah benda hidup yang tumbuh seiring dengan musim sebelum menjadi tua dan mati. Berbeda dengan taman gaya Eropa yang dihiasi warna-warni bunga dan perdu, taman Jepang, hanya berupa hamparan pasir seperti di Kuil Zen.

Nah, Anda bisa hadirkan nuansa kedamaian pada hunian dengan mengadopsi taman Oriental Jepang.

Add comment


Security code
Refresh