CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Unsur Hardscape Taman Tropis

Taman tropis selalu identik dengan permainan garis tegas pada material hardscape. Biasanya desainnya ditambah dengan unsur air agar makin memberikan kesan asri. Selain itu aksesori pelengkap seperti gazebo bisa menambah hidup suasana taman yang selalu difungsikan untuk tempat bersantai.

alt

Berikut adalah beberapa unsur hardscape pelengkap di taman tropis:

  • Kolam, kolam pada teras dapat dibuat di bagian samping atau di depan. Meskipun dapat saja berisi tanaman air, umumnya di dalam kolam dipelihara ikan. Ini penting untuk mencegah perkembangbiakan jentik nyamuk.
  • Pancuran, air mancur dapat dibuat menyatu dengan kolam, sehingga memudahkan pembuatan instalasi. Aplikasinya,air mancur dari tembok menuju kolam di bawahnya,ada pula air mancur dari permukaan yang rendah, atau air mancur dari titik tengah kolam dengan ketinggian tertentu. Seluruh kolam dengan air mancur memerlukan tambahan mesin pompa listrik untuk mengalirkan dan memancarkan air.
  • Pijakan, batu pijak ini sekarang banyak dijual dalam bentuk cetakan bundar dan empat persegi panjang. Aplikasinya,dipasang di antara rumput, membentuk sebuah jalan. Batu koral sikat dan batu koral yang besar dapat kita pilih sesuai desain yang diinginkan.
  • Papan kayu, dimana kayu sonokeling dan kayu jati cukup tahan lama terhadap air. Aplikasinya, papan kayu biasanya digunakan untuk anak tangga menuju teras, atau titian (jembatan kecil) yang menuju, di samping, atau melalui kolam yang ada di dekat teras, juga sebagai selasar dan jalur pedestrian. Pola pemasangan yang horizontal dengan nat sekitar 5cm - 8cm akan membuatnya menarik. Diperlukan coating agar permukaan papan awet menghadapi perubahan cuaca.
  • Pot,  ada bermacam pot yang dibedakan berdasarkan materialnya, mulai dari pot plastik, semen, tanah liat (terakota), sampai pot kayu dan rotan. Ukuran pot dapat disesuaikan dengan luas teras. Misalnya, sebuah pot besar berisi tanaman lotus dapat ditempatkan di tengah halaman atau di salah satu sudut. Sementara itu, pot-pot ukuran kecil dapat diletakkan di antara batas lantai teras dengan tanah. 
  • Lampu,  lampu taman adalah lampu yang dipasang di sekitar taman, sehingga memberi penerangan yang cukup pada area sekelilingnya. Tumbuhan menjadi jelas sosoknya. Keamanan pun ikut terbantu. Selain menjalankan fungsi utama tersebut, lampu dengan sistem sorot juga dapat diaplikasikan untuk memberikan aksentuasi atau dramatisasi landscape.

Jangan lupa, sesuaikan tanaman dengan lingkungan tropis di Indonesia agar taman tropis Anda semakin terlihat asri dan sejuk.

Add comment


Security code
Refresh