CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Jenis Tanaman Di Taman Roof Garden

Terbatasnya lahan, khususnya di perkotaan, bukan berarti Anda tak bisa menghadirkan nuansa hijau pada hunian. Anda dapat menyiasati hal tersebut dengan membuat taman atap (roof garden). Dengan menghadirkan taman pada atap, Anda bisa sekaligus membuat udara di rumah terasa lebih sejuk.

Taman atap akan tampil sempurna apabila dihiasi dengan jenis tanaman untuk roof garden yang beraneka warna. Pemilihan tanaman ini mutlak dilakukan guna menghadirkan ruang hijau di sekitar rumah. Bukan sekedar memperindah rumah, tetapi juga menciptakan lingkungan sehat dan berkualitas.Ciri-ciri tanaman yang bagus digunakan untuk taman atap adalah yang tahan terhadap terpaan sinar matahari langsung.

Hal ini penting diperhatikan mengingat lokasi pertumbuhan tanaman akan memiliki jarak yang lebih dekat dengan matahari dibandingkan taman biasa. Selain itu hindari tanaman yang mempunyai pertumbuhan akar menghujam ke bawah. Contohnya adalah pohon palem. Sebagai gantinya gunakan tanaman yang pertumbuhan akarnya menyebar seperti pohon pagoda.

Untuk mempercantik desain taman atap, Anda bisa menggunakan tanaman yang rajin berbunga dan memiliki percabangan yang banyak. Contohnya adalah mawar, bougainville, kamboja, melati. Untuk taman atap Anda juga bisa menggunakan jenis tanaman berbatang lunak. Kelebihan memilih tanaman yang berbatang lunak adalah selain pertumbuhannya yang relatif lambat, Anda pun bisa mengkreasikan batangnya sehingga memiliki bentuk desain dan pola tertentu.

Tanaman dengan jenis ini pun tidak berbahaya bagi kualitas atap rumah. Contoh tanaman berbatang lunak adalah pandan kuning, aracea, lili paris, sambang darah, dan rulea. Atau, tanaman berbatang keras. Biasanya tahan terhadap sinar terik dan curah hujan tinggi. Ditambah tanaman ini tidak memerlukan air banyak sehingga mudah dalam perawatannya.

Usahakan dalam memilih tanaman jenis ini pilihlah yang bisa menghasilkan buah sehingga akan menambah keindahan taman atap. Contoh tanaman berbatang keras adalah bougainville, jeruk, belimbing wuluh, cermai, dan kamboja.

Add comment


Security code
Refresh