CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Taman Vertikal Untuk Siasati Lahan Rumah Yang Sempit

Menghadirkan taman di rumah dengan lahan sempit bisa dengan menerapkan jenis taman vertikal. Untuk menciptakan taman vertikal, maka Anda memerlukan beberapa media yang mudah didapat seperti rak, papan penyangga, pot, dan media tanam.

 

 

  • Rak yang terbuat dari bahan logam atau plastik agar dapat menyangga pot tanaman dengan kuat dan tahan lama. Bisa juga memakai rak berbahan kayu. Rak ini harus berongga agar air yang disemprotkan ke dalam pot tanaman tidak memenuhi rak.

  • Papan penyangga, pakai lembaran papan berbahan PVC. Bahan tersebut diyakini dapat dilubangi kawat untuk menjaga kerapian pot.

  • Pot, gunakan pot yang dapat menjadi media tanam ala metode hidroponik yakni pot yang dapat diisi sekam bakar, cocopeat, dan rumput laut. Ketiganya berfungsi menyimpan penyimpan cadangan air di media tanam. Untuk itu, Anda bisa gunakan pot dari bahan planel, modul palstik berlubang-lubang, batu bata/pralon

  • Media tanam,bahan organik misalnya arang, batang pakis, kompos, moss, pupuk kandang, sabut kelapa, sekam padi, humus, rumput laut. Bahan Anorganik yaitu gel, pasir, kerikil, pecahan batu bata, spons, tanah liat, vermikulit dan perlite, styrofoam, rockwool,zeolit, dan red lava.

 

Taman vertikal ini dapat diaplikasikan pada eksterior maupun interior rumah sesuai dengan keinginan Anda. Bila dibuat diluar rumah, maka ada dua pilihan lahan untuk dijadikan taman vertikal yakni dinding ataupun atap rumah. Sedangkan peletakan di dalam rumah, hanya pada dinding rumah. Model taman vertikal sangat sederhana, Anda bisa mencoba membuatnya dengan menggunakan tanaman dalam pot yang disusun ke atas atau memakai tanaman rambat di dinding.

 

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh