CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Yuk…Jadi Desainer Taman Untuk Rumah Sendiri!!!

Di jaman modern seperti sekarang ini, trend kembali ke alam telah menjadi gaya hidup sebagian masyarakat terutama di daerah perkotaan. Sehingga tak jarang pemilik rumah memasukkan nuansa alami dalam hunian meraka.

membuat taman sendiri

Kehadiran taman seperti tanaman, air, dan berbagai elemen alam sangat diperlukan untuk memberikan kenyamanan jiwa penghuninya. Penataan taman tidak hanya sebatas pada tumbuhan hijau yang indah tetapi juga butuh seni dan kreativitas. Saat ini banyak sekali desainer landscape profesional yang bisa Anda percaya untuk menata taman sebuah hunian. Tetapi bagi Anda yang tidak memiliki keuangan yang mencukupi, Anda bisa berkreasi sendiri untuk mewujudkan taman impian.

Ya, Anda bisa mencoba menata sendiri taman untuk rumah Anda. Agar bisa menjadi desainer taman bagi hunian Anda, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Apa saja? Intip sama-sama yuk!!!

Sama seperti saat Anda merancang sebuah rumah, untuk membuat taman dibutuhkan konsep dan desain. Tentu saja sesuai dengan selera Anda, desain dan konsep taman banyak jenisnya seperti taman jepang, taman air, atau taman gantung. Nah, Anda bisa pilih jenis taman mana yang akan Anda buat. Jangan lupa sesuaikan konsep taman dengan desain rumah dan lingkungan sekitar agar tampilannya selaras. Untuk lebih memudahkan Anda dalam merancang sebuah taman, Anda bisa mencoba untuk mencari inspirasi model-model taman baik dari majalah, buku, maupun internet.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah komposisi. Buatlah focal point di taman yang akan Anda buat misalnya, dengan menempatkan patung dari batu alam, kolam, lampu taman, atau air mancur. Ini akan memudahkan Anda dalam mengatur komposisi material yang akan Anda gunakan di taman Anda. Perlu diingat, dalam menciptakan taman juga dibutuhkan permainan warna untuk tampilan yang harmonis seperti padu padan warna yang serasi dengan warna rumah. Padukan tanaman hias yang senada atau kontras agar taman terlihat indah. 

Sebelum menciptakan taman, pastikan lahan yang akan Anda jadikan taman mampu membuat tanaman Anda tumbuh subur. Sebaiknya Anda beli tanah taman yang memiliki zat hara yang dibutuhkan tanaman sehingga tanaman Anda dapat hidup layak. Setealah itu, tutuplah lahan dengan hard material maupun soft material. Kemudian belilah tanaman yang Anda inginkan, selanjutnya atur berdasarkan desain dan konsep yang telah Anda buat.

Mendesain taman bisa Anda kerjakan bersama dengan keluarga, tidak ada salahnya bukan sedikit berkotor-kotor demi menciptakan taman impian.

Add comment


Security code
Refresh