CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Unsur hardscape taman minimalis

Sama halnya jenis taman lainnya, taman minimalis terbagi dari dua unsur, yaitu Unsur keras (hard scape) dan Unsur lunak (soft scape). Unsur-unsur tersebut memiliki karakter dan ragam jenis yang akan saling melengkapi sehingga taman pun dapat tampil fungsional.

 

 

Unsur hard scape terdiri dari material seperti tanah, batu alam, pedestrian, pagar, bangku taman, gazebo, atau pot tanaman. Umumnya, bahan material untuk unsur hard scape bersifat keras, seperti beton, logam, dan kayu. Pada taman minimalis, unsur hard scape memiliki karakter tanpa ornamen. Kesan dingin dan kaku dari unsur tersebut sangat mendominasi karena penampilan material yang dominan.

Misalnya batu alam, penempatannya bisa ditata dengan sederhana. Batu bisa Anda biarkan apa adanya dengan peletakan berbagai komposisi radial atau diagonal. Untuk menghadirkan unsur hard scape lewat pemakaian batu alam, Anda bisa bebas memilih jenis batu alam yang beraneka ragam, mulai dari batu kali, batu koral, batu sikat, dan batu alam lainnya.

Bebatuan alam tersebut dapat ditempatkan untuk melengkapi unsur soft scape taman minimalis sehingga tampil lebih anggun. Sementara batu alam yang berukuran kecil dapat digunakan dengan jumlah yang banyak sebagai ground cover, jalan setapak, atau pedestrian. Untuk tampilanya yang lebih indah, Anda juga bisa tempatkan ornamen hard scape taman lainnya seperti kursi taman, pot dan  lampu taman dengan bentuk geometris tanpa detail yang rumit.

Dengan begitu, taman minimalis terlihat selaras dengan penataan yang mampu menjadi satu kesatuan yang menarik.

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh