CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Membuat Desain Taman Atap

Untuk membuat taman atap, sebaiknya pilihlah tanah dengan massa yang ringan atau menggunakan media tanam yang Instan agar tidak membuat beban berlebih pada atap. Juga untuk tanaman itu sendiri, aturlah komposisi yang benar agar tidak terlalu rapat, juga sebaiknya pilih tanaman pengisi yang ringan seperti rumput, tanaman yang tidak berbunga, semak  belukar. 

 

 

Dalam membuat taman di atas atap tidak terlalu sulit. Cukup dengan lahan 4×4 meter persegi Anda sudah bisa menciptakan taman atap yang memadai. Yang perlu diperhatikan adalah masalah drainase terutama untuk pembuangan air hasil siraman tanaman atau air hujan yang tertampung pada media tersebut.

Hindarkan dak atas bangunan mengalami kebocoran akibat sistem drainasenya yang tidak benar. Salah satu solusi untuk sistem drainase yang baik adalah dengan memberikan kemiringan tertentu pada atap dak beton. Hal ini tentunya akan membuat air akan mengalir ke saluran pembuangan dengan baik.

Ada beberapa tahapan dalam pembuatan taman atap rumah, yaitu melapisi dengan water proofing. Biarkan selama sehari sampai benar-benar kering, aci, yaitu penambahan lapisan semen, membutuhkan pengeringan selama sehari, beri lapisan penahan air (drainage cell) dan lapisan penahan tanah (geotextile).

Setelah proses di atas telah dikerjakan, kemudian diberi tanah dan siap ditanami tumbuhan. Penanaman diawali rumput, semak, baru kemudian tanaman pohon. Untuk mencegah kerusakan lapisan kedap air (water proof layer), lapisan penahan harus ditambah agar akar tanaman tidak merusak lapisan kedap air dan beton di bawahnya.

 

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh