CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Taman Oriental dan Taman Klasik Nan Indah

Salah satu cara agar hunian tampil segar dan terkesan alami adalah dengan menghadirkan taman. Ya, saat ini taman merupakan bagian penting dalam sebuah rumah karena selain dapat memberi nuansa keindahan, taman juga mampu menjadi alternatif untuk menghilangkan stres.

taman oriental

Membuat taman bukanlah sesuatu yang sulit dan Andapun bisa merancangnya sendiri. Supaya taman mampu menciptakan keindahan yang menyatu dengan tampilan rumah secara keseluruhan sebaiknya desain taman disesuaikan dengan bentuk atau tema hunian Anda. Saat ini model dan jenis taman banyak ragamnya seperti taman bergaya oriental ataupun taman bergaya klasik.

Yang teramsuk ke dalam taman oriental misalnya taman Jepang yang memiliki ciri khas selalu memakai unsur air yang dianggap dapat mengalirkan energi chi jadi sering pula menggunakan kolam dan danau buatan, pada taman Jepang modelsand garden adalah yang paling menonjol. Selain itu, taman oriental Jepang juga mengusung konsep bentuk alam yang dibuat secara miniatur.

Selain taman Jepang, taman Cina juga termasuk ke dalam jenis taman oriental. Namun, gaya oriental Cina berkonsep luas yaitu membentuk dunia dalam versi kecil, maka lahan yang digunakan pastilah juga akan luas, tembok naga, pegunungan, danau, air terjun, paviliun, ruang minum teh adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam taman tradisional ini.

Sementara taman bergaya klasik merupakan sebuah taman yang sangat pas bila dibuat pada hunian dengan desain klasik seperti model-model rumah di Eropa. Taman ini mempunyai ciri khas yaitu teratur dan mengikuti pola-pola geometris seperti segitiga, lingkaran ataupun kotak. Tanaman yang bisa digunakan pada jenis taman ini antara lain yaitu, pohon serut, teh-tehan, gardenia, mirten, lantana, cemara, bambu Jepang, beringin, siantau, soka, bougenville, azalea.

Tanaman yang memiliki ciri tajuk daunnya dipakai untuk memberi kesan klasik yang terlebih dahulu dibentuk sesuai dengan yang kita inginkan, atau pemasangan kerangka yang dibentuk pergola (pergola dianggap mewakili karakter klasik) dan diberi tanaman rambat sekelilingnya. Misalnya menggunakan tanaman bougenville, pohon anggur, alamanda, stepanot, thunbergia, ceguk/wundani, dan air mata pengantin.

Selamat membuat taman!!!

Add comment


Security code
Refresh