12 Rumah Unik di Dunia yang Memiliki Desain Tidak Biasa!

12 Rumah Unik di Dunia yang Memiliki Desain Tidak Biasa!

Setiap orang tentunya memiliki desain rumah impiannya sendiri. Sebagian orang mungkin menyukai gaya minimalis, sebagian lainnya menyukai gaya klasik, dan sebagian lainnya mungkin memiliki gaya yang eksentrik. Membangun rumah dengan desain yang unik dan tidak biasa bukan hal mudah, namun banyak orang di seluruh dunia yang dapat membuktikan bahwa hal ini bisa diwujudkan.

Berikut adalah 12 rumah unik di dunia yang desainnya dapat menginspirasi Sahabat Edupaint!

1. Rumah Transparan, Tokyo

Rumah Unik di Dunia yang Memiliki Desain Tidak Biasa!

Transparent house atau rumah transparan ini dibangun oleh Sou Fujimoto Architect di kota Tokyo. Desain rumah ini terinspirasi dari nenek moyang kita yang tinggal di pepohonan. Rumah ini sangat cocok untuk Sahabat yang menyukai siraman cahaya matahari masuk ke penjuru rumah. Namun sayangnya privasi Anda dapat sedikit terganggu dengan model rumah yang terlalu terbuka ini.

Baca Juga: Gedung Pencakar Langit dengan Desain Unik di Jakarta

Rumah Transparan, Tokyo

Rumah Transparan, Tokyo (http://www.architectureartdesigns.com/transparent-house-in-japan/)

2. The Keret House, Rumah Teramping di Dunia, Polandia

.The Keret House, Rumah Teramping di Dunia, Polandia

image source: https://archpaper.com/2012/12/home-sweet-four-foot-wide-home-warsaw-welcomes-a-tiny-new-addition/keret_house_06/

Rumah unik di dunia yang kedua berada di Polandia, yaitu The Keret House yang merupakan rumah paling ramping di dunia. Bagaimana tidak, rumah ini memiliki lebar hanya 152 cm untuk titik terlebarnya.

image source: https://www.homedsgn.com/2012/10/25/the-keret-house-by-centrala-is-now-reality-video/keret-house-14/

Rumah ini dirancang oleh seorang arsitek bernama Jakub Szczęsny yang kemudian juga menjadi satu-satunya penghuni di dalam rumah tersebut. Szczęsny terinspirasi untuk memanfaatkan ruang kosong di kota, sehingga Ia merancang rumah ini yang kemudian di bangun di ruang kosong yang ada antara dua gedung.

3.Rumah Hobbit, Wales

image source: http://www.simondale.net/house/archive/front.jpg

Mewujudkan rumah impian yang terinspirasi dari film kesukaan? Mengapa tidak! Hal ini lah yang dilakukan oleh Simon Dale, seorang fotografer penggemar film Lord of The Rings. Rumah hobbit ini dibangun dengan menggunakan bahan-bahan alami dan hanya menghabiskan biaya sekitar $3.000. Rumah ini diklaim sebagai salah satu rumah dengan struktur paling ramah lingkungan di dunia.

image source: http://www.simondale.net/house/archive/candlelit.jpg

image source: http://www.simondale.net/house/archive/from%20balcony.jpg

image source:http://www.simondale.net/house/archive/index.htm

4.Fallingwater, Rumah Air Terjun, Pennsylvania

image source: https://fallingwater.org/

Menikmati kesejukan alam di rumah bukan hal yang mustahil tentunya. Falling water adalah rumah karya arsitek Amerika, Frank Lloyd Wright, yang dirancang pada tahun 1935. Rumah ini dibagun untuk keluarga seorang pemilik toko serba guna di Pittsburgh, Edgar J. Kauffmann.

Rumah ini dibangun di air terjung asli yang ada di pegunungan Pennsylvania Barat Daya. Keluarga Edgar J. Kaufmann menempati rumah ini hingga pada tahun 1963, putra dari Kaufmann menyumbangkan rumah ini beserta 469 hektar alam sekitarnya ke Western Pennsylvania Concervacy. Rumah ini kini berfungsi sebagai museum yang terbuka untuk umum.

5.Brooklyn Clock Tower Penthouse, New York

image source: https://resources.stuff.co.nz/content/dam/images/1/i/9/b/e/m/image.related.StuffLandscapeSixteenByNine.1240x700.1i9bqf.png/1491195199526.jpg

Melihat pemandangan kota New York dari ketinggian tentunya menjadi hal yang sangat menyenangkan. Salah satu apartemen di kota yang tidak pernah tidur ini menawarkan sensasi unik tinggal di dalam sebuah menara jam.

image source: https://resources.stuff.co.nz/content/dam/images/1/i/9/b/e/k/image.related.StuffLandscapeSixteenByNine.1240x700.1i9bqf.png/1491195199526.jpg

Penthouse yang memiliki luas sebesar 633 meter persegi ini berada tepat di bagian atas menara jam Brooklyn yang terkenal. Setiap dindin apartemen menampilkan jam dengan ukuran 4,2 meter yang memungkinkan Sahabat untuk melihat keluar melihat pemandangan kota New York.

6.Rumah Flintstones, Malibu

image source: https://static.boredpanda.com/blog/wp-content/uuuploads/flintstones-house-dick-clark/flintstones-house-dick-clark-1.jpg

Rumah yang memiliki desain seperti rumah zaman purba ini berada di Malibu, California. Rumah ini akan mengingatkan Sahabat dengan The Flinststones, kartun klasik dari tahun 60-an. Rumah unik ini berdiri di lahan seluas 22 hektar dan memiliki satu kamar tidur, dua kamar mandi, perapian, dan jendela kaca yang besar.

image source: https://static.boredpanda.com/blog/wp-content/uuuploads/flintstones-house-dick-clark/flintstones-house-dick-clark-7.jpg

image source: https://static.boredpanda.com/blog/wp-content/uuuploads/flintstones-house-dick-clark/flintstones-house-dick-clark-9.jpg

7.Rumah Luncur, Tokyo

image source: https://resources.realestate.co.jp/wp-content/uploads/2015/12/SLIDE-House-Exterior-1024x820.jpg

Rumah luncur atau slide house yang ada di Tokyo, Jepang, ini memungkinkan kita untuk turun ke lantai bawah dengan menggunakan seluncur atau perosotan. Rumah ini dirancang oleh LEVEL Architects untuk pasangan yang memiliki tiga anak kecil. Pasangan ini memiliki keinginan agar anak-anaknya memiliki kenangan indah di rumah semasa kecilnya.

Ya, tentu saja keberadaan seluncur ini menjadikan rumah bukan hanya sebagai tempat tinggal, tapi sekaligus menjadi tempat bermain anak. Orang dewasa juga tentunya dapat menggunakan seluncur tersebut yang dapat memudahkan mobilisasi di dalam rumah.

image source: https://resources.realestate.co.jp/wp-content/uploads/2015/12/SLIDE-House-Sliding-Down-1024x390.jpg

image source: https://resources.realestate.co.jp/wp-content/uploads/2015/12/Slide-House-Tokyo-Diagram.gif

8.Rumah Buaya, Abidjan

image source: https://assets.atlasobscura.com/media/W1siZiIsInVwbG9hZHMvcGxhY2VfaW1hZ2VzL2VmYWIzZmY3OGJmMDZiMmQxMWYyZWQ5NjgwZmJhYzFjMzBhYjk2NmMuanBnIl0sWyJwIiwidGh1bWIiLCJ4MzkwPiJdLFsicCIsImNvbnZlcnQiLCItcXVhbGl0eSA4MSAtYXV0by1vcmllbnQiXV0/efab3ff78bf06b2d11f2ed9680fbac1c30ab966c.jpg

Rumah buaya ini merupakan karya dari seniman Moussa Kalo yang kemudian meninggal dua bulan sebelum karya ini selesai dikerjakan. Thierry Atta yang merupakan murid dari Kalo kemudian pindah ke rumah buaya ini yang selesai di bangun pada tahun 2008.

image source: https://assets.atlasobscura.com/media/W1siZiIsInVwbG9hZHMvcGxhY2VfaW1hZ2VzL2JhYTRmMDhhZjYwZjA3YTQ1ZThmMDY1OGJmYTM2YTM3NWRkOGIxN2QuanBnIl0sWyJwIiwidGh1bWIiLCJ4MzkwPiJdLFsicCIsImNvbnZlcnQiLCItcXVhbGl0eSA4MSAtYXV0by1vcmllbnQiXV0/baa4f08af60f07a45e8f0658bfa36a375dd8b17d.jpg

Rumah unik berbentuk buaya tersenyum ini dilengkapi kamar dan juga jendela dan memang layak untuk dihuni. Keberadaan rumah unik ini juga menjadi kesenangan bagi warga sekitar untuk hanya sekedar memandangi bentuk rumah eksentrik satu ini.

9.Rumah Dumpster, Brooklyn

image source: https://www.nydailynews.com/resizer/4fnce-vtYceJWN2jeEPjr1I2xwQ=/800x529/top/arc-anglerfish-arc2-prod-tronc.s3.amazonaws.com/public/YXJZG4EGQEIYOMS3HO2XOQ2NAE.jpg

Gregory Kloehn adalah seorang desainer asal California yang menyulap dumpster atau tempat sampah besar menjadi sebuah rumah di Brooklyn. Kloehn menghabiskan kurang lebih $4.000 untuk merenovasi dumpster menjadi rumah yang diinginkannya.

image source: https://www.nydailynews.com/resizer/g7Qfv-cyB3RMZv8-pHniHowjpnI=/800x529/top/arc-anglerfish-arc2-prod-tronc.s3.amazonaws.com/public/DZPCSJ6T6FXBUV3KNQVDXCAAI4.jpg

10.Rumah di Atas Batu, Siberia

image source: http://www.serbia.com/wp-content/uploads/2016/03/Drina.jpg

Rumah ini disebut dengan Drina House karena lokasinya yang berada di sungai Drina yang berlokasi di barat Siberia. Pembuatan rumah di atas batu di tengah sungai ini dimulai sekitar tahun 1968.

image source: http://www.serbia.com/wp-content/uploads/2016/03/Drina.jpg

Sekelompok perenang muda beristirahat di atas batu di tengah sungai. Seiring berjalannya waktu, mereka menginginkan tempat istirahat yang lebih nyaman sehingga mereka meletakkan papan di atas batu tersebut. Tahun berikutnya muncullah ide untuk membangun satu bangunan rumah satu kamar ini untuk mereka beristirahat ketika membutuhkan.

11.Rumah Skateboard, Malibu

image source: https://static.boredpanda.com/blog/wp-content/uuuploads/skateboard-house/skateboard-house-4.jpg

Rumah unik berikutnya ini merupakan rumah impian bagi para pecinta skateboard. Rumah ini digagas oleh Pierre Andre Senizergues, seorang mantan juara dunia dan skater profesional.

image source: https://static.boredpanda.com/blog/wp-content/uuuploads/skateboard-house/skateboard-house-1.jpg

Rumah ini menghadirkan tempat latihan indoor maupun outdoor. Rumah ini terbagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama adalah ruang tamu, ruang makan, dan dapur. Ruangan kedua adalah kamar tidur dan kamar mandi. ruangan ketiga adalah area latihan skateboard.

image source: https://static.boredpanda.com/blog/wp-content/uuuploads/skateboard-house/skateboard-house-2.jpg

Meskipun terdapat ruangan khusus untuk latihan, tapi pada dasarnya setiap sudut rumah ini dapat menjadi area untuk bermain skateboard.

12.Rumah Terbalik, Trassenheide, Jerman

image source: https://assets.atlasobscura.com/media/W1siZiIsInVwbG9hZHMvcGxhY2VfaW1hZ2VzLzQzYjk4MmYwLWJiZTMtNDY5MS04ZTQ4LWE1ZWU1MmY4ZGFkN2U1MGMzMDk0NzQzMjVmYWYyMl9VcHNpZGUtRG93bi1Ib3VzZS1UcmFzc2VuaGVpZGUtMS5qcGciXSxbInAiLCJ0aHVtYiIsIngzOTA-Il0sWyJwIiwiY29udmVydCIsIi1xdWFsaXR5IDgxIC1hdXRvLW9yaWVudCJdXQ/Upside-Down-House-Trassenheide-1.jpg

Upside down house atau rumah terbalik di Trassenheide ini merupakan rumah terbalik pertama yang ada di Jerman. Bentuk terbalik bukan hanya dapat terlihat di luar rumah, tapi juga di dalam rumah. Sahabat dapat merasakan sensasi seperti berjalan di langit-langit rumah.

Desain rumah seperti ini juga sudah muncul di beberapa negara lainnya, termasuk Indonesia. Rumah terbalik ini biasanya bukan untuk ditinggali, melainkan hanya untuk tempat rekreasi yang unik saja.

Cat Tembok Sanlex 6000

Tentang Warna

Artikel Lain

Color wheel atau roda warna adalah diagram warna yang menyediakan ilustrasi berguna tentang warna apa saja yang cocok dan warna apa yang tidak cocok untuk...

Videos

Video Lain
Watch the video

Inspirasi Interior

Artikel Lain

Keberadaan tangga yang menghubungkan lantai bawah dan atas biasanya menyisakan ruang kosong di bagian bawahnya. Ruang ini umumnya berukuran tanggung sehingga...

Tahun baru, suasana baru. Salah satunya bisa dengan mengganti cat interior rumah. Yuk, kita intip dulu kira-kira warna cat interior apa yang akan...

Tentang Cat

Artikel Lain