10 Tips Menata Kamar Tidur Anak yang Nyaman

10 Tips Menata Kamar Tidur Anak yang Nyaman

Seiring dengan bertambahnya usia, anak akan siap untuk memiliki kamar tidurnya sendiri. Tentunya ada banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam menata kamar tidur anak. Kamar tidur mungkin tidak hanya akan menjadi tempat untuk sekedar tidur saja, tapi sesekali juga akan menjadi tempat untuk bermain dan belajar

Butuh inspirasi untuk menata kamar tidur anak? Berikut 10 tips menata kamar tidur anak yang dapat Sahabat Edupaint terapkan!

1.Gunakan Warna yang Cerah

Tips menata kamar tidur anak yang pertama terkait dengan pemilihan warna untuk dekorasi kamar. Sebaiknya pilih warna cerah yang tentunya akan menambahkan kesan ceria di kamar anak. Dekorasi kamar anak cenderung melibatkan banyak warna yang mungkin dapat juga dipadukan dengan motif. Pilihan warna dapat disesuaikan dengan tema kamar yang diinginkan.

2.Manfaatkan Mainan Sebagai Dekorasi

Alih-alih membiarkan mainan anak hanya sekedar berserakan atau disimpan di tempat yang tidak terlihat, lebih baik menjadikannya sebagai hiasan di kamar. Contohnya seperti membuatkan rak khusus yang bisa digunakan si kecil untuk menaruh boneka atau koleksi mainan miliknya yang lain.

3.Pilih Tempat Tidur yang Sesuai

Anak-anak mungkin akan memiliki tempat tidur impiannya sendiri. Bentuk tempat tidur juga dapat menjadi salah satu untuk dekoratif di kamar anak. Hal yang perlu diperhatikan adalah, apapun bentuk tempat tidurnya, jangan lupa untuk selalu mengutamakan keamanan dan kenyamanan anak.

Jika tempat tidur dihuni oleh 2 anak, tempat tidur tingkat dapat menjadi pertimbangan. Anak yang menyukai kegiatan di luar mungkin akan menyukai tempat tidur yang menyerupai tenda camping.

4.Menghias Langit-Langit Kamar

Kamar anak juga identik dengan langit-langit yang indah. Memasang hiasan di langit-langit tidak akan memakan banyak ruang dan tentunya membuat hiasan tersebut tidak mudah disentuh dan menjadi cepat rusak. Ada banyak jenis hiasan yang dapat menghiasi langit-langit seperti hiasan bertema langit, lampion, atau bahkan lampu tidur.

5.Tempatkan Benda-Benda untuk Belajar

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kamar anak bisa jadi tidak hanya menjadi tempat untuk tidur, tapi juga untuk bermain dan belajar. Jika keduanya bisa dilakukan bersamaan tentunya akan lebih menyenangkan. Jika ingin menempatkan mainan di kamar anak, jangan lupa untuk menempatkan beberapa buku anak dan mainan edukatif lainnya.

6.Sesuaikan Dekorasi dengan Luas Ruangan

Menyesuaikan dekorasi dengan luas ruangan adalah hal yang penting diterapkan di hampir seluruh ruangan rumah, begitu juga di kamar anak. Jumlah barang di dalam kamar sebaiknya tidak berlebihan dan disesuaikan dengan kebutuhan. Usahakan juga untuk menata setiap barang seefisien mungkin.

Jika luas ruangan tidak terlalu besar, pertimbangkan untuk menggunakan tempat tidur tinggi yang kolongnya dapat dimanfaatkan untuk menempatkan kursi santai atau meja belajar.

7.Gunakan Tema yang Lebih Umum

Kamar tematik memang bisa menjadi kesukaan anak-anak, namun penerapannya tidak selalu efektif. Jika kamar dihuni oleh lebih dari satu anak, sebaiknya gunakan tema kamar yang lebih umum sehingga kamar tidak hanya menggambarkan kesukaan salah satu anak saja.

Tema yang lebih umum juga akan lebih memudahkan dalam pemilihan aksesoris kamar seperti tirai, seprai, sarung bantal, dan banyak barang lainnya.

8.Siapkan Ruang yang Besar untuk Menaruh Barang

Umumnya anak-anak memiliki barang yang lebih banyak dibandingkan orang dewasa. Terutama pada usia di mana anak senang untuk mengoleksi mainan. Jika memungkinkan, pasang sebanyak mungkin rak yang dapat menampung semua barang-barang si kecil. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, barang yang disimpan ini dapat sekaligus menjadi hiasan kamar.

9.Gunakan Alas Lantai

Anak-anak akan senang menghabiskan banyak waktu untuk bermain di lantai kamarnya. Usahakan untuk memberikan alas yang aman dan nyaman untuk tempat anak bermain. Bentuk dan jenis alas dapat disesuaikan dengan tema kamar yang diinginkan.

10.Sesuaikan dengan Usia Anak

Selera anak tentunya akan berubah seiring dengan bertambahnya usia. Anak yang sudah beranjak remaja tentunya tidak lagi menginginkan kamar tidur yang kekanak-kanakan. Setelah anak tumbuh remaja, tanyakan pada anak bagaimana mereka menginginkan untuk mendekor ulang kamar tidurnya.

Menata kamar tidur anak dapat menghabiskan biaya yang besar, tapi ini bukan hal yang mutlak. Sebelum menata kamar, Sahabat dapat lebih dulu melakukan budgeting agar dapat menghadirkan kamar yang diinginkan dengan dana yang sesuai.

Inspirasi Kamar Tidur Anak

Tips Menata Kamar Tidur Anak yang Nyaman

Tips Menata Kamar Tidur Anak yang Nyaman

Tips Menata Kamar Tidur Anak yang Nyaman

Tips Menata Kamar Tidur Anak yang Nyaman

Tips Menata Kamar Tidur Anak yang Nyaman

Tips Menata Kamar Tidur Anak yang Nyaman

Tips Menata Kamar Tidur Anak yang Nyaman

Tips Menata Kamar Tidur Anak yang Nyaman

Tips Menata Kamar Tidur Anak yang Nyaman

Tips Menata Kamar Tidur Anak yang Nyaman

Tentang Warna

Artikel Lain

Color wheel atau roda warna adalah diagram warna yang menyediakan ilustrasi berguna tentang warna apa saja yang cocok dan warna apa yang tidak cocok untuk...

Videos

Video Lain
Watch the video

Inspirasi Interior

Artikel Lain

Keberadaan tangga yang menghubungkan lantai bawah dan atas biasanya menyisakan ruang kosong di bagian bawahnya. Ruang ini umumnya berukuran tanggung sehingga...

Tahun baru, suasana baru. Salah satunya bisa dengan mengganti cat interior rumah. Yuk, kita intip dulu kira-kira warna cat interior apa yang akan...

Tentang Cat

Artikel Lain