Manfaat Humidifier

Manfaat Humidifier

Humidifier adalah alat yang digunakan untuk membantu meningkatkan kelembapan udara dalam ruangan. Penggunaan alat ini di rumah sangat penting apabila Sahabat kesulitan menjaga kelembapan ruangan. Faktor seperti cuaca dan penggunaan pendingin ruangan biasanya membuat udara di ruangan menjadi kering.

Udara yang kering dapat menjadi masalah untuk saluran pernapasan dan juga kulit. Sebelum menggunakan humidifier, yuk kenali dulu fungsi dan perawatannya berikut ini!

Fungsi Humidifier

1.Manfaat untuk Ruangan

Kelembapan ruangan dapat mencegah penumpukan listrik statis. Udara lembah juga terasa lebih hangat, ini sangat membantu dalam menciptakan ruangan yang lebih nyaman.

Jika Sahabat memelihara tanaman hias, maka keberadaan humidifier akan sangat membantu mencegah tanaman kekeringan. Tanaman akan terlihat lebih segar dan tentunya dapat bertahan lebih lama.

2.Mencegah Flu

Pada musim dingin atau musim pancaroba, risiko terkena flu dapat meningkat tajam. Penggunaan humidifier dalam ruangan dipercaya dapat membantu mencegah flu.

Apabila terdapat anggota keluarga yang mengalami flu, virus influenza mungkin akan dengan mudah berkeliaran di udara melalui batuk. Penelitian menemukan bahwa tingkat kelembapan di atas 40% dapat membantu menonaktifkan partikel virus. Hal ini dapat sangat membantu dalam menurunkan risiko penularan flu.

3.Membantu Meringankan Batuk

Udara kering biasanya juga akan memicu batuk kering atau batuk yang tidak produktif. Jika dibiarkan seperti ini, dahak yang ada di dalam menjadi terjebak dan tidak dapat dikeluarkan.

Meningkatkan kelembapan udara dapat menciptakan banyak uap air ke saluran udara. Ini dapat membantu saluran pernapasan dan membuat batuk lebih produktif. Dahak yang ada di dalam saluran pernapasan pun dapat dikeluarkan.

4.Mengurangi Dengkuran

Dengkuran atau yang dikenal juga dengan ngorok dapat menjadi masalah yang mengganggu di rumah. Udara yang kering diduga dapat memperparah mendekur karena saluran udara cenderung tidak cukup pelumas. Cobalah humidifier yang dapat membantu melembapkan udara dan lihat hasilnya pada dengkurangan Anda saat tidur.

5.Mencegah Kulit Kering

Menjaga kelembapan kulit adalah hal yang sangat penting, karena kulit lembap adalah salah satu indikasi kulit yang sehat. Ketika musim dingin tiba, tidak hanya kulit yang akan terasa lebih kering, tapi masalah ini dapat juga dirasakan rambut dan bibir kita.

Selain mengaplikasikan pelembap pada tubuh, menjaga kelembapan ruangan juga akan sangat berguna untuk menjaga kelembapan kulit dan tubuh.

Penggunaan humidifier dapat memberikan berbagai manfaat, tapi juga dapat menimbulkan risiko apabila penggunaannya tidak dilakukan dengan benar. Perawatan humidifier yang benar akan memengaruhi kinerja alat ini.

Berikut adalah beberapa tips perawatan humidifier yang harus diperhatikan:

  • Sebelum menggunakan, baca instruksi produk humidifier dengan jelas. Setiap produk mungkin akan memiliki cara pakai dan perawatan yang berbeda.
  • Cuci dan keringkan humidifier setelah digunakan.
  • Gunakan produk dan alat pembersih humidifier yang tepat. Penggunaan air dan cuka atau larutan hidrogen peroksida mungkin dibutuhkan untuk membersihkan potensi racun.
  • Ganti filter secara rutin sesuai dengan instruksi produk.
  • Gunakan air suling untuk setiap penggunaan humidifier.
  • Bersihkan humidifier setiap sebelum dan sesuai menyimpannya.

Perawatan humidifier sebenarnya tidak sulit, tapi memang membutuhkan ketelatenan. Gunakan humidifier dengan benar agar Sahabat dapat mendapatkan manfaat dari alat ini dengan maksimal. Sudah siap untuk menggunakan humidifier untuk di rumah? Selamat mencoba!

Tentang Warna

Artikel Lain

Color wheel atau roda warna adalah diagram warna yang menyediakan ilustrasi berguna tentang warna apa saja yang cocok dan warna apa yang tidak cocok untuk...

Videos

Video Lain
Watch the video

Inspirasi Interior

Artikel Lain

Keberadaan tangga yang menghubungkan lantai bawah dan atas biasanya menyisakan ruang kosong di bagian bawahnya. Ruang ini umumnya berukuran tanggung sehingga...

Tahun baru, suasana baru. Salah satunya bisa dengan mengganti cat interior rumah. Yuk, kita intip dulu kira-kira warna cat interior apa yang akan...

Tentang Cat

Artikel Lain