Siasati Ruang Dengan Warna

Siasati Ruang Dengan Warna
Di masa sekarang ini kita sering kali mengalami kesulitan untuk membuat sebuah rumah atau ruang. Hal ini disebabkan oleh terbatasnya lahan. Apalagi di daerah perkotaan, selain lahan yang terbatas, biaya pun menjadi salah satu penyebabnya. Hal ini perlu disiasati sehingga ruang yang sempit terlihat nyaman dan lega.
 
Untuk menciptakan ruang yang terkesan luas haruslah dengan penataan yang tepat. Penataan sebuah ruang yang sempit tidak hanya terbatas pada dinding dan pajangan dalam ruang tetapi warna juga memiliki pengaruh untuk menciptakan suasana dalam sebuah ruang. Pemilihan warna yang tepat dapat mensiasati ruangan yang kecil menjadi terlihat lebih lapang. Banyak cara yang bisa dilakukan dalam menata ruang yang terbatas, misalnya dengan mensiasati warna dinding dengan warna-warna yang terang. Begitu juga untuk warna furniture, lantai, dan langit-langit.

110406_art01_img02

Dinding, pilihlah warna yang terang dan warna muda atau pastel karena warna-warna tersebut akan memberi kesan luas. Misalnya warna putih.

Lantai, selain dinding, warna lantai juga penting untuk diperhatikan. Warna lantai yang tepat untuk ruang sempit sama seperti warna dinding yaitu pilihlah warna-warna yang terang. Karena warna lantai yang terang akan memberi kesan yang lapang pada ruang. Untuk lantai yang menggunakan karpet, sebaiknya pilihlah karpet yang polos, dan tidak terlalu banyak corak sehingga ruang tidak terlihat sumpek.

Furniture, pilihan warna furniture yang tepat juga membantu dalam mensiasati ruang yang sempit. Gunakan warna-warna yang terang tetapi jangan mendominasi karena warna yang dominan akan memberi efek penuh pada ruang.

110406_art01_img03

Langit-langit (Plafond), agar ruang terlihat lebih luas gunakan warna terang dan jangan sekali-kali memilih warna gelap untk plafond karena ruang akan terlihat semakin sempit. Umumnya plafond berwarna putih. Penggunaan warna ini dapat menciptakan ruang yang lebih luas dan tinggi. Perhatikan pula peletakan lampunya, siasati dengan melakukan permainan cahaya. Jika ingin menciptakan kesan dramatis, gunakan lampu yang berwarna putih.

110406_art01_img04

Jadi, warna terang dan bersih adalah Cara untuk mensiasati ruang yang sempit.sehingga ruang terlihat luas dan nyaman untuk ditempati. Anda bisa menerapkannya jika interior anda sempit.

Artikel Terkait