CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Tips Dapur Bebas Bau dan Noda

Dapur seringkali menjadi area di rumah yang paling cepat kotor karena adanya aktivitas mengolah makanan. Padahal, kebersihan dapur adalah hal yang sangat penting untuk kesehatan keluarga. Dapur yang bersih tentunya akan membuat kita lebih semangat memasak dibandingkan dapur yang kotor, berminyak dan berbau.

Tahukah anda bahwa menurut penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Preventative Medicine jika kita sering memakan makanan rumah, akan membantu menurunkan berat badan.

 

Baca Juga: Usir Bau Di Dalam Rumah Dengan Tips Berikut Ini

 

  • Kosongkan Bak / Wastafel Cuci Piring

    Perabot kotor yang terlalu lama disimpan dalam bak cuci piring dapat menimbulkan bau tidak sedap. Biasakan untuk segera mencuci perabot dapur setelah selesai memasak. Setelah mencuci piring perhatikan saringan air di bak cuci piring, jika banyak remah – remah bekas mencuci piring seperti sisa makanan yang tertinggal, segera buang ketempat sampah. Jika dibiarkan berjam – jam bau busuk akan muncul dan menyumbat pipa pembuangan. Jangan lupa untuk mencuci busa spoon agar bersih dari kotoran bekas perabot dan siap digunakan kembali.

     

    Menghilangkan noda dan bau tidak sedap di dapur

    Kosongkan bak cuci piring untuk menghilangkan bau tidak sedap di dapur


    Baca Juga: Bersihkan Tempat Cuci Piring Agar Dapur Tak Terlihat Jorok

     

  • Gunakan Cookerhood

    Asap yang dihasilkan saat memasak dapat menyebar ke seluruh area rumah dan meninggalkan residu, untuk menghindarinya anda dapat memasang cooker hood. Cooker hood berfungsi untuk menyedot asap, bau, serta udara panas dan kotor yang dihasilkan saat memasak. Selain melancarkan sirkulasi udara, cooker hood juga dapat menambah estetika dapur anda. Jangan lupa untuk selalu membersihkan cooker hood setelah digunakan dengan cara mengelap bagian luar dan membersihkan filter bagian dalam.

     

    Menghilangkan bau tidak sedap di dapur

    Gunakan cookerhood sehingga dapat mengeluarkan bau serta udara kotor yang berada di dapur

     

    Baca Juga: Dapur Rapi, Memasak Terasa Lebih Nyaman

     

  • Rajin Membersihkan Kompor

    Cipratan minyak yang menempel pada kompor dapat mengakibatkan kompor cepat rusak sehingga perlu pengeluaran budget untuk membeli kompor baru. Agar kompor tetap awet, segera bersihkan kompor anda segera setelah memasak dengan cara melarutkan sabun cuci piring. Kemudian, bersihkan menggunakan sikat atau busa cuci piring. Jika sudah selesai, anda dapat semprotkan air bersih dan seka menggunakan lap kering.

     

    Menghilangkan bau tak sedap di dapur

    Menghilangkan bau tak sedap di dapur dengan rajin membersihkan kompor


    Baca Juga: Menghilangkan bau asap rokok di ruangan

     

  • Rajin Kosongkan Tempat Sampah

    Aktivitas memasak dapat menghasilkan banyak sampah organik dari sisa bahan makanan yang bisa memicu bau tak sedap. Gunakan tempat sampah bertutup untuk meminimalisir tersebarnya bau dan selalu lapisi menggunakan trash bag agar lebih higienis. Biasakan selalu mengosongkan bak sampah ke pembuangan di luar rumah segera setelah memasak agar sampah tidak membusuk dan menyebarkan bau di dalam rumah.

     

    Rajin mengosongkan tempat sampah di dapur untuk menghilangkan bau tak sedap

    Kosongkan tempat sampah di dapur untuk menghilangkan bau tak sedap

     

    Baca Juga: Mengelola Tempat Pembuangan Sampah

     

  • Hilangkan noda akibat gosong dan baunya

    Gara-gara api kompor terlalu panas, wajan anda gosong dan menimbulkan bau yang sangat mengganggu? Tenang, itu bisa diatasi dengan buah lemon. Untuk kerak gosong yang menempel pada wajan, anda bisa melarutkan baking soda dan menggosok wajan tersebut dengan spoon hingga bersih. Bau gosong yang menyebar, dapat diatasi dengan merebus irisan lemon, sehingga sari – sari lemon tersebut akan menyerap bau yang tersebar di dapur anda.

     

    Gunakan lemon atau jeruk nipis untuk menghilangkan bau gosong di dapur

    Gunakan jeruk nipis atau rebus lemon untuk menghilangkan bau gosong di dapur

     

    Baca Juga: Manfaat Buah Lemon Untuk Dapur Sahabat

     

Gimana tips nya ? selamat mencoba !

 

Referensi :

  1. Wikihow
  2. Sunlight.co.id
  3. cintaihidup.com

 

 

Cat Tembok Sanlex wonder

 

 

Add comment


Security code
Refresh