CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Menyatukan Ruang Makan dan Dapur Agar Lebih Fungsional

Menggabungkan ruang makan dengan dapur sering diterapkan pada desain rumah-rumah saat ini yangt cenderung memiliki ukuran sempit. Hal tersebut untuk mensiasati ruangan yang tersedia, sehingga didesain dengan konsep multi fungsi.

Dengan begitu mampu mengakomodasi dua fungsi ruangan. Misalnya saja menggabungkan ruang makan dan dapur. Kita dapat menggabungkan dua fungsi ruangan tersebut agar dapat lebih menciptakan kesan modern dan lapang di dalam rumah, tujuannya adalah :

Memberi kesan ruangan yang lebih luas, dengan cara menghilangkan dinding pembatas antara kedua ruangan tersebut, maka kita akan mendapat satu ruangan baru sebagai hasil penggabungan dua ruangan. Ruang yang tadinya terasa sempit akan menjadi lebih luas. Ruangan baru ini akan menjadi lebih fungsional dan bermanfaat dengan adanya penggabungan.

Sebagai aksen baru di dalam ruangan, kita dapat menggunakan back-splash (bidang dinding belakang antara cabinet atas dan bawah di belakang kompor untuk menampung cipratan minyak), baik dari mosaic keramik atau kaca maupun keramik dan kaca es untuk mendapatkan kesan dapur yang lebih modern.

Membuat ruangan menjadi lebih terang dan aliran udara lebih baik, menggunakan lampu-lampu indirect lamp (cahaya tidak langsung karena disembunyikan di bawah cabinet / lemari atas) untuk menerangi meja kerja dapur sebagai penerangan tambahan atau untuk memberi nuansa pada dapur kita dan dapat menambah kesan modern pada dapur baru kita.

Sementara pada bagian atas meja kerja, dapat digunakan lampu downlight atau lampu sorot. Demikian pula di bagian atas meja makan utama atau meja makan informal (jika ada), dapat menggunakan lampu gantung, baik tunggal maupun kombinasi tiga lampu agar hidangan dapat terlihat jelas dan terang.

Untuk sirkulasi udara, sebaiknya di atas kompor disediakan cooker hood atau pengisap asap agar asap dari proses pemasakan dapat segera dilokalisir dan diisap langsung sehingga bau masakan tidak beterbangan ke ruangan yang lain.

Menghadirkan dapur sebagai tempat yang senantiasa terlihat / diekspos, dengan menjadikan dapur sebagai bagian yang senantiasa terlihat, bakal menjadikan ruangan tampil dengan keindahan.

Add comment


Security code
Refresh